DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 04 Juni 2019 / 10:59 WIB

Libur Lebaran di Pantai Selatan, Waspadai Sengatan Ubur-Ubur

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Lebih dari 70 wisatawan terkena sengat ubur-ubur jenis Blue Bottle saat berwisata di Pantai Selatan, Senin (03/06/2019). Hawa dingin di dalam laut menjadi penyebab banyaknya ubur-ubur beracun tersebut menepi hingga ke pantai di sepanjang Sadeng Gunungkidul hingga Congot Kulonprogo.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Marjono mengungkap setidaknya ada 35 wisatawan yang dilaporkan tersengat ubur-ubur Senin kemarin. “Di Pantai Kukup tercatat ada 25 orang, Drini ada 6 orang dan Pantai Sepanjang ada 4 orang,” ungkap Marjono ketika dihubungi KRJOGJA.com Selasa (04/06/2019).

Para korban menurut Marjono langsung mendapatkan penanganan petugas di lokasi sehingga tak sampai dilarikan ke klinik terdekat. “Tim SAR dan tim medis melakukan penanganan pada wisatawan yang tersengat dan alhamdulillah bisa teratasi,” tandas dia.

Di Parangtritis Bantul sendiri berdasarkan informasi yang dihimpun, sepanjang Senin kemarin tercatat 36 wisatawan terkena sengatan ubur-ubur. Para korban sengatan langsung mendapat perawatan dari tim SAR dan medis yang berada di posko wisata lokasi.

Satlinmas menurut Marjono menghimbau wisatawan untuk berhati-hati saat sedang bermain air di wilayah sepanjang pantai selatan. Pasalnya selain ubur-ubur, karakter pantai selatan yang curam dengan ombak besar cukup berbahaya.

“Harapan kami wisatawan berhati-hati saat berwisata. Kalau melihat ubur-ubur jangan kemudian dipegang dan untuk bermain karena beracun. Ikuti arahan petugas di lapangan dan semoga tetap nyaman dan aman saat berwisata,” tandas dia. (Fxh)