DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 04 Juni 2019 / 18:40 WIB

Libur Lebaran, RSUD Siagakan 5 Dokter


WONOSARI, KRJOGJA.com  - Menghadapi libur Lebaran, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari tetap memberikan pelayanan. Melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan didukung sarana prasarana seperti farmasi hingga radiologi. 

Untuk rawat jalan dialihkan melalui petugas IGD. “ Termasuk layanan untuk hemodialis atau cuci darah tetap bisa dilayani. Karena nantinya diperkirakan juga akan pasien ‘travelling’,” kata Direktur RSUD Wonosari dr Heru Sulistyowati.

Diungkapkan, untuk melayani masyarakat dan pemudik, selama libur Lebaran dan cuti bersama disiagakan 5 dokter. Sebanyak 2 dokter berada di IGD, sedangkan 3 dokter melakukan kunjungan ke bangsal. Kerjasama dengan rumah sakit lain juga dilakukan. Sehingga upaya untuk pelayanan kesehatan ini dilakukan secara maksimal.Selain mempersiapkan tenaga medis hingga perlengkapan pendukung lain, juga menjalin komunikasi dengan rumah sakit lain. “ Farmasi selain di IGD, juga dibuka di apotek pada sisi timur,” imbuhnya.

dr Heru menambahkan, peserta jaminan kesehatan juga bisa dilayani di IGD yang memang dalam kondisi darurat. Sedangkan untuk warga dari luar Gunungkidul bisa dilayani sebanyak 3 kali. RSUD mengoptimalkan layanan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan baik masyarakat maupun pemudik.  "Termasuk layanan rontgen bisa diakses oleh pasien dan dilakukan koordinasi dengan rumah sakit lain. Artinya bila di RSDUD  terdapat gangguan bisa meminjam RS lain, begitu juga sebaliknya,” jelasnya. (Ded)