Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 02 Juni 2019 / 13:06 WIB

Purworejo Sanggup Suplai Air ke Bandara YIA


PURWOREJO, KRJOGJA.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Purwitasari Kabupaten Purworejo diyakini mampu mensuplai kebutuhan air bersih untuk Bandara Baru Yogyakarta International Airtport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY.  Ada tiga sungai besar yang dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi air bersih, dan jangkauannya tidak terlalu jauh
dengan bandara.

"Untuk tahap awal akan kita bangun instalasi air bersih di Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen untuk mengolah air Sungai Bogowonto.
Kebetulan di Desa Dadirejo ada lokasi yang  posisinya cukup tinggi sehingga memudahkan untuk mendistribusikan air ke bandara," kata Direktur PDAM Purworejo Hermawn Wahyu Utomo  ST MSi.

Menurutnya, sebagai tahap awal untuk sumber air yang berasal dariSungai Bogowonto diperkirakan mampu menyuplai 50 liter per detik ke bandara YIA. “Kebetulan lokasinya sangat dekat, hanya sekitar 3,5 km sehingga sangat mudah untuk menyuplai air bersih,” jelasnya.

Ditambahkan pula, jika cadangan dari Sungai Bogowonto masih kurang, Purworejo masih memiliki dua cadangan sumber air besar yakni Sungi Jali dan Sungai Wawar. “Dari dua sungai itu selama ini, sebagian besar airnya terbuang percuma ke laut selatan,” tambah Hermawn Wahyu Utomo .

Dari perhitungan bisnis lanjut Hermawn Wahyu Utomo, sama-sama menguntungkan, sebab ketersediaan air dari Kulonprogo sendiri cukup terbatas. Sedang investasi ini bagi Purworejo tidak telalu besar jika dilihat dari segi manfaat. Sekitar Rp 29 miliar. “Saya yakin dalam jangka waktu lima tahun, investasi itu sudah bisa kembali,” tandasnya. (Nar)