DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 01 Juni 2019 / 14:14 WIB

Prajurit Kodim Bantul Peringati Hari Lahir Pancasila

BANTUL, KRJOGJA.com - Seluruh prajurit Kodim 0729 Bantul melaksanakan upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila di halaman makodim setempat, Sabtu (01/06/2019). Bertindak sebagai irup upacara adalah Dandim 0729 Bantul Letkol (Kav) Didi Carsidi.

"Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila," tegas Dandim dalam amanatnya.

Pancasila sebagai dasar negara menurut Carsidi mengajarkan rakyat Indonesia untuk menjadi warga negara yang baik. Cita-cita luhur tersebut juga membentuk Indonesia menjadi suatu negara yang besar dengan nilai keTuhanan, kemausiaan, perasatuan, kerakyatan dan keadilan yang terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika.

"Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, seperti apa yang telah Bung Karno katakan dengan sebutan Jas Merah. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional," tegasnya.

Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan kegiatan pembagian kaos olah raga secara simbolis oleh Dandim kepada perwakilan prajurit dan pns kodim bantul. (Van)