DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 01 Juni 2019 / 10:47 WIB

Taman Nasional Gunung Merapi Tutup Saat Lebaran

SLEMAN, KRJOGJA.com - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) bakal tutup saat hari H Lebaran. Penutupan tersebut untuk memberikan waktu dan kesempatan bagi karyawan Balai TNGM merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah.

Objek-objek wisata tersebut seperti Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo di Kaliurang Pakem, Panguk dan Plunyon di Kalikuning Cangkringan, Deles di Kemalang Klaten dan Jurang Jero di Srumbung Magelang. Objek-objek wisata di TNGM akan kembali dibuka dan dapat dikunjungi para wisatawan seperti biasa setelah hari raya Idul Fitri atau ke esokan harinya.

"Pada hari H libur Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H tahun 2019, maka objek wisata dalam kawasan TNGM akan ditutup selama satu hari pada tanggal 5 Juni 2019," kata Kepala Balai TNGM, Pujiati dalam keterangan resminya, Sabtu (01/06/2019).

Sementara itu, Kapala Sub Bagian Tata Usaha Balai TNGM, Akhmadi menambahkan penutupan objek wisata juga karena berdasarkan pengalaman sebelumnya pada hari H Lebaran objek-objek wisata di kawasan TNGM sepi dari kunjungan wisatawan. Pengunjung akan ramai untuk berwisata justru setelah Lebaran.

Ditambahkannya personel piket jaga selama musim libur Lebaran. Nantinya para personel akan membantu menyampaikan informasi kepada wisatawan dan memantau kondisi alam terkini di kawasan TNGM.

"Karena wisatawan diprediksi melonjak, kita antisipasi jika terjadi kecelakaan atau bencana. Kita sudah koordinasi dengan instansi terkait," pungkasnya. (Ive)