DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 30 Mei 2019 / 00:13 WIB

Curi Motor, Kuntet Lebaran di Tahanan

BANTUL, KRJOGJA.com - Isw (23) alias Kuntet tak bisa berkutik setelah petugas Unit Opsnal Polsek Kasihan menangkapnya. Pria pengangguran warga Kuncen Wirobrajan Yogyakarta ini diciduk aparat karena mencuri sepeda motor milik seorang pelajar di Masjid Qoirul Ummi Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul. Karena perbuatannya itu Kuntet dipastikan bakal Lebaran di dalam sel tahan lantaran ia terancam kurungan penjara selama lima tahun.

Kapolsek Kasihan, Kompol Tarwoco Nugroho mengungkapkan kejadian bermula saat korban bernama Muhammad Akmal Fadhila (15) pelajar warga Godean Sleman sedang berkendara motor di kawasan Kasihan. Saat di tengah jalan ia dicegat pelaku yang meminta untuk diantarkan pulang ke Kuncen Wirobrajan.

“Korban kemudian memboncengkan pelaku. Namun saat diperjalanan korban mengajak mampir di masjid untuk Shalat Asar,” ungkap Tarwoco Nugroho kepada KRJOGJA.com, Rabu (29/05/2019).

Saat itu Kuntet tak mau diajak shalat dan ia memilih menunggu di parkiran. Namun setelah selesai shalat korban mendapati tersangka sepeda motor Honda Vario AB-2553-HQ warna hitam miliknya telah raib.

Tim Unit Opsnal Polsek Kasihan dipimpin Iptu Heru Sugiarto yang menerima laporan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tersebut langsung melakukan pengejaran. Setelah dua hari buron akhirnya petugas berhasil membekuk pelaku saat mangkal di Pasar Klitikan Wirobrajan.

Polisi meminta pria bertato itu untuk menunjukkan barang bukti kejahatan. Ternyata motor curian itu belum sempat diapa-apakan dan disembunyikan di dalam rumahnya untuk rencananya hendak dijual dalam bentuk unit kendaraan dengan harga murah

Kepada petugas, Kuntet mengaku terpaksa mencuri karena ia butuh uang untuk lebaran. Atas perbuatannya tersangka diancam pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman penjara selama lima tahun. (Van)