DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 29 Mei 2019 / 14:40 WIB

Garong Spesialis Rumah Kosong Digulung Polisi

YOGYA,KRJOGJA.com - Membutuhkan waktu 10 menit, kawanan pencuri berhasil membobol rumah dan berhasil diamankan oleh Satuan Reskrim Polresta Yogyakarta.

"Mereka ini pencuri milenial  karena rupanya barang-barang yang meraka incar barang kecil yang berharga. Padahal di rumah itu ada TV ada kulkas. Karena meraka bukan Pencuri masa lalu yang mengambil barang besar,  kecil tapi berharga," kata Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Armaini di Mapolresta, Selasa (28/05/19).

Menurut Kapolresta mereka adalah RTK (32) warga Bekasi, RB (39) warga Bogor, MS (35) warga Lampung Utara, dan EJ (48) warga Bandung. Keempatnya diamankan saat mencoba melarikan diri di Kabupaten Banyumas, Jateng.  "Tanggal 21 Mei hari selasa sekitar pukul 21:00 malam, kita berhasil menangkap pelaku di Banyumas Jawa Tengah dari sebuah hotel yang ada disana," ucapnya. 

Kapolresta menjelaskan kepolisian  menemukan barang bukti sebuah linggis, dua obeng, sebuah kunci inggris, empat kunci L, empat kaos berkerah warna pink abu-abu dan sebuah senjata api jenis pistol revolver beramunisi.

Armaini mengimbau kepada masyarakat untuk menambah lagi kunci rumah dengan kunci yang tidak memudahkan penjahat masuk. Termasuk mengingatkan untuk waspada karena penjahat saat ini punya modus yang sangat lihai dalam menentukan rumah itu kosong atau tidak. "Dia itu enggak perlu mengawasi lama-lama rumah itu kosong atau tidak tinggal acak aja tinggal masuk ketok pintu. Kalau ada orang mereka berdalih salah rumah kalau tidak ada lanjutkan aksinya," terangnya. 

Atas perbuatannya, kini keempat tersangka masih diamankan di Mapolresta Yogyakarta. "Mereka terancam pasal 363 ayat 1 ke-4 dan ke-5 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara," pungkasnya. (Ive)