Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 28 Mei 2019 / 13:08 WIB

UPT Perpustakaan UNS Luncurkan Angkringan Pustaka

SOLO, KRJOGJA.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (27/5), meluncurkan Angkringan Pustaka. Peluncuran Angkringan Pustaka menyongsong Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juni 2019 yang diwarnai diskusi mengenai Literasi Nasionalisme dan Pancasila.

"Literasi Nasionalisme dan Pancasila sangat diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa memiliki negara Indonesia," kata Dr Muhammad Rohmadi MHum, kepala UPT Perpustakaan UNS. Para mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan dan agen perubahan harus paham dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan adanya Angkringan Pustaka  di kobi UPT Perpustaakaan sebagai media berliterasi bersama Ratulisa (rajin menulis & membaca). Kemudian sebagai media diskusi para pemustaka dengan pemustaka lintas fakulatas selain media literasi pustakawan dengan pemustaka. Kegiatan digelar sambil menikmati jajanan pasar dan buku.

"Jadi di sini tempat ngobrol santai berbagai topik literasi yang aktual," ujar Rohmadi. Lazimnya di  HIK (hidangan Istimewa Kampung), khasnya Solo yang menjadi forum diskusi warga. Dengan demikian, angkringan puataka akan dapat menjadi media pengembangan literasi bagi civitas akademika UNS dan masyarakat umum.

Dia berharap Angkringan Pustaka dapat menambah semangar dan kreativitas para mahasiswa dan sivitas akademika untuk menguasai hardskill dan soft skill secara berimbang. (Qom)