Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 27 Mei 2019 / 17:50 WIB

Lebaran, Pemudik Peserta JKN-KIS Bisa Akses Pelayanan Kesehatan di Luar Daerah

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Selama H-7 hingga H+7 lebaran, peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tetap bisa memperoleh pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, meski yang bersangkutan tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Juliansyah, Senin (27/5/2019).

Kebijakan tersebut diberlakukan, sebab mobilitas masyarakat selama lebaran sangat tinggi, terutama bagi pemudik. Sehingga saat masyarakat peserta JKN-KIS sedang ke luar daerah‎, mereka tetap bisa mengakses layanan kesehatan.

Pun bila peserta tak bisa mengakses FKTP karena libur lebaran ataupun di luar jam buka. Juliansyah menegaskan, peserta bisa mengakses IGD di rumah sakit terdekat untuk mendapat pelayanan medis dasar. Sedang pada kasus gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan, baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS.

"Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta," terangnya.

Namun ia mengingatkan, fasilitas pelayanan tersebut hanya berlaku kepada peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif, atau dengan kata lain, hanya berlaku untuk peserta yang disiplin membayar iuran. Untuk memastikan hal tersebut, peserta bisa mengecek status kepesertaan dan riwayat pembayaran iuran melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh gratis melalui Playstore dan Appstore.

"Aplikasi tersebut juga menyediakan informasi penting lain terkait BPJS Kesehatan," pungkasnya. (Gal)