DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 27 Mei 2019 / 12:39 WIB

Libur Lebaran di Yogya, Berobat Tetap Gratis dengan BPJS Kesehatan

BANTUL, KRJOGJA.com - BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta memastikan para pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta pada periode libur Lebaran 2019 (29 Mei-13 Juni) pemegang JKN-KIS akan tetap terkover. Pada periode tersebut, peserta BPJS Kesehatan bisa mengakses fasilitas kesehatan dan rumah sakit di wilayah kerja Yogyakarta ketika terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta, Dwi Hesti Yuniarti menyampaikan ada kebijakan khusus di mana para peserta memiliki hak akses di seluruh fasilitas kesehatan pada periode libur Lebaran. Hal tersebut menurut dia sebagai bentuk layanan maksimal BPJS Kesehatan pada masyarakat yang hendak melakukan mudik Lebaran ataupun menghabiskan waktu liburan di Yogyakarta pada khususnya.

“Pemudik atau wisatawan yang berada di Yogyakarta pada 29 Mei hingga 13 Juni 2019  tak perlu khawatir apabila sakit tetap bisa mendapatkan pelayanan di klinik kerjasama BPJS Kesehatan. Dalam masa siaga kali ini, peserta akan dimudahkan mengakses layanan JKN-KIS selama mudik Lebaran. Bisa mengakses fasilitas kesehatan apabila membutuhkan,” ungkapnya dalam pertemuan di kantor BPJS Cabang Yogyakarta Senin (27/05/2019).

Selama masa siaga mudik Lebaran tersebut, BPJS Kesehatan juga meminta fasilitas kesehatan yang bekerjasama untuk tetap menberikan pelayanan pada pasien peserta JKN-KIS. “Kalau ada faskes yang libur, kami wajibkan memberikan pengumuman pengalihan layanan agar pasien tetap bisa mengakses. Itu bentuk tanggungjawab sebagai penyedia layanan kesehatan,” sambung Dwi Hesti.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr Fita Yulia Kisworini menambahkan pihaknya juga melaksanakan siaga sepanjang masa libur Lebaran mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Di masa liburan tersebut, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta tetap menyiagakan fasilitas kesehatan seperti puskesmas di 16 lokasi seluruh kecamatan.

“Tanggal 3,4,7 dan 8 Juni 2019 meski cuti bersama dan libur namun piket puskesmas tetap buka mulai jam 08.00 hingga 12.00 WIB. Sementara 5-6 Juni 2019 perawatan darurat diarahkan ke rumah sakit seperti RSUD Jogjakarta Wirosaban, PKU Muhammadiyah Kota, RS Panti Rapih dan RS Bethesda, kemudian RS DKT, Bethesda Lempuyangwangi dan beberapa rumah sakit lainnya di Kota Yogyakarta,” tandasnya.

BPJS Kesehatan sendiri tetap menyediakan layanan call center 1500 400 bagi masyarakat yang ingin mencari informasi fasilitas kesehatan terdekat. Tak hanya itu, aplikasi Mudik BPJS Kesehatan juga bisa diakses untuk memudahkan peserta mengakses layanan tersedia. (Fxh)