DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 27 Mei 2019 / 11:08 WIB

Aplikasi 'Jarak Aku Dan Merapi' Resmi Diluncurkan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dinas Pariwisata dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman baru-baru ini membuat fasilitas berupa aplikasi bernama ' Jarak Antara Aku dan Merapi'.  Hal itu untuk mempermudah para pengunjung atau wisatawan mengetahui posisinya apakah berada di jarak aman atau berada di radius bahaya dari potensi ancaman aktivitas Gunung Merapi.

"Tujuannya untuk memberikan informasi kepada semua orang, kebetulan Merapi sekarang statusnya Waspada," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan saat dihubungi wartawan, Senin (27/05/2019).

Dia berharap dengan aplikasi ini masyarakat terutama yang beraktivitas di lereng Merapi bisa tahu secara mandiri dengan aplikasi yang dipegang di tangan. "saya di posisi jarak berapa dari puncak Merapi, apakah di radius aman atau di radius bahaya. Pembuatan aplikasi ini salah satunya berkaca pada peristiwa erupsi Merapi tahun 2010. Saat ini, banyak orang tidak menyadari berada di jarak berapa dirinya dari puncak Merapi," tandasnya.

Makwan mengimbau kepada masyarakat yang akan berkunjung untuk segera mendownload Aplikasi ini. Karena bisa diunduh secara gratis di Playstore untuk smartphone berbasis sistem Android.  "Aplikasi ini dibuat tahun ini, sebulan ini kami melakukan sesi percobaan,  apakah dapat berjalan dengan yang harapkan atau tidak hasilnya ternyata kami merekomendasikan wisatawan untuk segera unduh karena ini bisa membantu mereka," katanya. (Ive)