DIY Editor : Danar Widiyanto Minggu, 26 Mei 2019 / 18:51 WIB

KA Lebaran Bertambah, Jangan 'Selfie' di Dekat Rel


YOGYA, KRJOGJA.com - Angkutan Lebaran 2019 dimulai sejak Minggu (26/5/2019) hari ini. 9 KA Tambahan dan Ekstra mulai dioperasikan di Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta yang secara langsung membuat jalur di wilayah tersebut semakin sibuk. 

Kepala Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan pihaknya telah menyiagakan personil di perlintasan yang saat ini berjumlah 414. Namun demikian, KAI Daop 6 tetap meminta masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar rel kereta lantaran dirasa sangat membahayakan. 

“Di Daop 6 Yogyakarta antara Kutoarjo hingga Kedung Banteng hampir semuanya double track. Artinya pada jam tertentu di perlintasan bisa dari kanan kiri ada kereta lewat. Beberapa kali kejadian seperti itu (kecelakaan) karena masyarakat tidak tahu ada kereta dari dua arah,” ungkapnya dalam bincang media di Stasiun Tugu Yogyakarta Minggu (26/5/2019) petang. 

Eko berharap, masyarakat yang berada di sekitar rel kereta untuk tetap berhati-hati apabila hendak menyeberang perlintasan. Meski diakui telah menyiagakan petugas namun masih ada saja masyarakat yang tak menghiraukan himbauan sehingga menyeberang di tempat yang tak dijaga. 

“Perhatikan betul pastikan aman tak bebarengan dengan kereta api lewat. Tengok kanan kiri dan berhenti dulu setengah menit paling tidak, pastikan aman. Jangan sampai menyerobot karena KA tak bisa berhenti mendadak, meski di lakukan pengereman penuh butuh beberapa ratus meter baru berhenti,” sambung Eko. 

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto menambahkan beberapa waktu terakhir warga yang tertemper kereta api tak menghiraukan himbauan dan malah beraktivitas yang membahayakan. “Ada yang selfie, main lempar, guyonan juga di dekat rel kereta api. Memang area publik untuk bermain saat ini sudah sangat kurang, namun kami tetap menghimbau untuk tidak bermain di dekat rel terlebih saat ini kereta api yang melintas semakin banyak,” ungkapnya. 

Berikut 9 KA tambahan dan ekstra yang dioperasikan di Daop 6 Yogyakarta : Argo Lawu Fluktuatif Solobalapan-Gambir (09.00), Argo Dwipangga Fluktuatif Solobalapan-Gambir (21.30), Taksaka Pagi Tambahan Yogyakarta-Gambir (06.40), Taksaka Malam Tambahan Yogyakarta-Gambir (22.15), Lodaya Pagi Tambahan Solobalapan-Bandung (08.15), Lodaya Malam Tambahan Solobalapan-Bandung (22.05), Sancaka Tambahan Yogyakarta-Surabaya Gubeng (18.00), Mataram Lebaran Lempuyangan-Pasar Senen (08.20) dan juga Purwosari Tambahan Purwosari-Pasar Senen (06.20 WIB) (Fxh)