Pendidikan Editor : Agung Purwandono Minggu, 26 Mei 2019 / 14:40 WIB

UBSI Yogyakarta Isi Ramadan dengan Pelatihan Kewirausahaan untuk Anak Yatim

YOGYA, KRJOGJA.com - Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Yogyakarta setiap bulan ramadan selalu menyelenggarakan kegiatan Berbagi Sesama Insan. Tahun ini acara yang merupakan kegiatan corporate social responsibility ini berlangsung dalam bentuk workshop pengembangan diri pemuda Islam berupa workshop kewirausahaan, Sabtu  (24/05/19) di Panti Asuhan Bina Insani Moyudan Sleman.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, acara Berbagi Sesama Insan tahun ini diselenggarakan di panti asuhan dengan peserta anak yatim dan remaja masjid Al Musthofa yang sudah bersekolah di tingkat SMA/SMK. Kegiatan yang dilaksanakan adalah berupa pelatihan kewirausahaan untuk anak panti.

Ketua Panitia Berbagi Sesama Insan, Erlangga Brahmanto SE MM dalam siaran persnya menyampaikan bahwa kegiatan kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya UBSI Yogyakarta selalu menyantuni dan menghibur anak-anak usia SD dari Panti Asuhan.

Direncanakan UBSI Yogyakarta akan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada anak Panti Asuhan Bina Insani. "Kegiatan tersebut dimaksudkan membantu mempersiapkan anak panti agar mampu mandiri setelah lulus sekolah dengan berwirausaha," ungkap Anik Andriani M Kom Kaprodi Sistem Informasi UBSI Yogyakarta.

Pelatihan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu membuat kue lebaran yang akan diisi oleh Dosen Program Studi Perhotelan yaitu Emmita Devi Hari Putri yang memang sudah memiliki sertifikasi di bidang tersebut. Hasil membuat kue tersebut dipasarkan dengan terlebih dahulu dilatih membuat kemasan yang baik oleh Dosen program studi Sistem Informasi Eko Saputro.

Terakhir dilatih cara memasarkannya oleh Akhmad Syukron yang juga merupakan Dosen program studi informasi melalui media online, seperti facebook ads, instagram ads, hingga melalui marketplace.

Perwakilan dari Panti Bapak Teguh menyampaikan bahwa pihaknya sangat bahagia, karena anak asuhnya selain diberikan santunan juga diberikan pelatihan yang bermanfaat seperti ini.

Pelatihan yang diikuti kurang lebih 50 peserta ini dimulai sejak ngabuburit, tarawih bersama dan berlanjut pelatihan sampai malam hari. Acara diakhiri dengan pemberian bingkisan dan santunan untuk panti asuhan Bina Insani. (*)