Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 25 Mei 2019 / 21:10 WIB

PT TWCBPRB Panen dan Serahkan Benih Jagung

MAGELANG, KRJOGJA.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) TWC, di Desa Girikulon Kecamatan Secang Kabupaten Magelang melaksanakan kegiatan panen jagung dan penyerahan bantuan bibit jagung Bisma Komposit kepada petani, Sabtu (25/5/2019).

Direktur Utama PT TWCBPRB (Persero) Edy Setijono, didampingi Sekretaris Perusahaan PT TWCBPRB Achmad Muhlis dan Direktur Eksekutif Yayasan Nusapada Menanam Hudaya Ma'ruf, melalukan panen atau pemetikan jagung di areal di sekitar Kantor Desa Girikulon. Di areal yang sama juga dilakukan penyerahan benih jagung kepada beberapa kelompok tani. Kepala Desa Girikulon Asdat Umam Ukir juga ikut mendampingi kegiatan ini.

Abadi dari Kelompok Tani "Berkah Mandiri" Desa Candiretno Kecamatan Secang kepada wartawan di usai penyerahan benih jagung diantaranya mengatakan pihaknya sangat gembira menerima bantuan benih jagung tersebut, dengan harapan hasil tanamannya dapat lebih meningkat. Kalau hasil dari penanaman benih jagung yang diterima tersebut bagus, kedepannya sudah banyak yang mendaftar. Luas areal lahan yang dimiliki masing-masing anggota bervariasi.

Dirut PT TWCBPRB berharap dengan program ini mampu memberikan ilmu baru dalam budidaya jagung untuk menghasilkan produktivitas tinggi dan menciptakan petani mandiri. Semoga upaya dan bantuan ini bermanfaat.

Program budidaya jenis Bisma dan pemulihan benih jagung Bisma ini sebagai wujud BUMN Hadir Untuk Negeri, berlangsung mulai bulan Desember 2018 dan sampai bulan Mei 2019 saat dilakukan panen bersama. Dengan memanfaatkan lahan 2 hektar, kegiatan ini dilaksanakan dengan memberdayakan petani di Desa Girikulon Kecamatan Secang Kabupaten Magelang.

Program ini disertai dengan pelatihan dan pendampingan kepada petani bagaimana budidaya jagung yang benar dan mampu menghasilkan produktivitas tinggi sehingga mampu meningkatkan pendapatan petani. Dengan menggunakan lahan 2 hektar, masing–masing hektar untuk budidaya jagung Bisma Komposit dan budidaya pemulihan benih Bisma Komposit. Pelaksana program ini oleh Kelompok Tani "Giri Makmur" dalam pendampingan dari Nusapada Menanam. (Tha)