DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 25 Mei 2019 / 16:11 WIB

Harga Cabai Merah Keriting Naik

YOGYA, KRJOGJA.com - Harga cabai dan bawang putih kating di beberapa pasar tradisional Kota Yogyakarta kembali mengalami kenaikan pada pekan ketiga Mei 2019. Kenaikan tersebut dipicu mulai bertambahnya permintaan konsumen jelang Lebaran 2019.

Saliyem, penjual sayur mayur di Pasar Beringharjo Yogyakarta mengakui, komoditas yang mulai mengalami kenaikan adalah cabai merah dan bawang putih kating. Harga cabai merah keriting naik dari Rp 25.000 menjadi Rp 26.000/kg dan bawang putih kating dari Rp 32.000 menjadi Rp 33.000/kg.

“Kenaikan harga bahan pangan tersebut lebih disebabkan bertambahnya permintaan menjelang Lebaran. Sementara dari segi pasokan keduanya lancar baik yang didatangkan dari dalam maupun luar DIY,” kata Saliyem.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto membenarkan cabai merah keriting memang mengalami kenaikan yang dipicu meningkatnya permintaan.

“Jika dilihat dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY seharusnya harga normal karena pasokannya surplus. Namun ini kebalikannya, jadi lakukan kajian penyebab utama kenaikan harga cabai. Mengingat pasokan cabai merah DIY itu didatangkan dari Magelang, Klaten dan Kulonprogo,” tandasnya.

Sedangkan untuk kenaikan harga bawang putih kating, menurut Yanto masih dinilai tidak terlalu signifikan alias wajar. Harga bawang putih kating dipasaran saat ini tergolong stabil di kisaran Rp 30.000 hingga Rp 33.000/kg karena pasokannya cukup banyak.

“Sebaliknya komoditi yang mengalami penurunan harga hanya terjadi pada cabai merah besar yang semula Rp 32.000 menjadi Rp 31.000/kg. Stoknya dilaporkan cukup banyak di DIY,” tambahnya.

Sementara komoditas lainnya relatif stabil dan belum tampa mengalami fluktuasi harga. Komoditas yang harganya stabil yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih kating.

“Stok beras, bawang merah, cabai , telur ayam dan daging aman di DIY. Fluktuasi harga komoditas holtikultura seperti cabai kami pastikan masih aman juga karena masih banyak lelang. Bawang merah juga kami pastikan aman karena masih ada panen, jadi soal stok aman sepanjang konsumen tidak membeli berlebihan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sasongko. (Ira)