DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 25 Mei 2019 / 15:13 WIB

Pertamina Tambah Pasokan BBM di DIY

YOGYA, KRJOGJA.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY telah mempersiapkan dan mengoptimalkan ketersediaan energi di Jateng dan DIY tetap terjaga. Upaya ini guna mengantisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjelang puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2019 yang diprediksi berlangsung 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

General Manager Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng dan DIY Iin Febrian mengatakan, tren peningkatan konsumsi BBM di wilayah DIY rata-rata mengalami peningkatan 8 persen lebih besar dari rata-rata harian normal untuk Gasoline (Premium dan Perta Series), yaitu dari 1.807 kiloliter (KL) menjadi 1.950 KL dan Gasoil (Biosolar dan Dex Series) akan mengalami penurunan hingga -12 persen dari normalnya 407 KL menjadi 356 KL, dikarenakan penurunan aktivitas pengiriman dan pembatasan angkutan barang.

“Untuk mempersiapkan kedatangan pemudik menggunakan pesawat, kami menambah pasokan Avtur di Bandara Adisutjipto karena diprediksi akan naik 6 persen, sehingga selama masa Angkutan Lebaran menambah 11,6 KL/hari dari rata-rata konsumsi harian normal 193 KL/hari menjadi 204,6 KL/hari,” tuturnya.

Di samping memastikan ketersediaan suplai BBM, Pertamina MOR IV juga menjamin ketersediaan elpiji/ gas di wilayah DIY dengan menyediakan penambahan kuota elpiji baik PSO maupun Non-PSO hingga 7 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian 2019, atau menjadi 467 MT/hari dari rata-rata normalnya 436 MT/day. Pihaknya juga menyiapkan 69 Agen Siaga dan 464 Pangkalan Siaga di wilayah DIY selama beroperasi saat libur Lebaran.

“Bagi konsumen yang berada di wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta, dapat memanfaatkan aplikasi Bright Home Service. Melalui aplikasi Bright Home Service, konsumen dapat dengan mudah memesan produk elpiji lewat aplikasi Bright Home Service yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store,” jelas Iin. (Ira)