DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 25 Mei 2019 / 14:47 WIB

Perbaikan Jalan di Gunungkidul Selesai H-9 Lebaran

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Menjelang Lebaran ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan pemudik dengan memperbaiki sarana infrastruktur jalan yang rusak. Sejumlah ruas jalan yang masih dalam kondisi rusak diharapkan bisa selesai diperbaiki 9 hari sebelum Lebaran tiba (H-9).

”Perbaikan ruas jalan terus dilakukan pemkab agar kelancaran arus mudik dapat sesuai yang kita harapkan dan terhindar dari kemacetan,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Dishub Kabupaten Gunungkidul, Bayu Susilo Aji.

Sebelum dilakukan perbaikan pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Dalam penyisiran tersebut, pihaknya masih menemukan adanya kerusakan. Dari itu pemkab langsung melakukan perbaikan terutama di ruas jalan yang akan dilalui angkutan pemudik.

“Kita sudah cek, Dinas PU Gunungkidul dan provinsi saat ini sedang melakukan perbaikan. Perbaikan kami harapkan pada H-9 sudah selesai sehingga tidak sampai mengganggu arus mudik yang berpotensi menimbulkan kemacetan,” imbuhnya.

Selain persiapan terkait jalan, pihaknya juga melakukan pengecekan angkutan mudik Lebaran di beberapa tempat seperti ‘Rest Area Bunder’ dan Terminal Dhaksinarga Wonosari. Pada H-6 nanti pihaknya juga akan melakukan ram cek di beberapa perusahaan otobus yang ada di Gunungkidul dan digunakan untuk angkutan pemudik Lebaran. ”Kita masih menunggu koordinasi lintas sektoral untuk hal itu,” ucapnya.

Nantinya, Dishub juga akan melakukan pendataan terkait jumlah kendaraan yang masuk ke Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, penumpang atau pemudik juga akan didata. Peningkatan kendaraan arus mudik ini diprediksi akan terjadi mulai Rabu, 29 Mei 2019 mendatang. ”Baik kendaraan masuk Gunungkidul di Hargodumilah dan penumpang angkutan umum di terminal Dhaksinarga dan Terminal Semin akan kita data,” terangnya. (Bmp)