DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 25 Mei 2019 / 11:36 WIB

Terminal Wates Siap Sambut Pemudik

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran (BPTP) Dinas Perhubungan (Dishub) DIY melibatkan petugas Jaga Warga untuk pengamanan penumpang dan angkutan Lebaran Terminal Wates. Kepala Seksi Pengelolaan Terminal, BPTP Dishub DIY, Yunarti mengatakan memaksimalkan personel yang ada untuk melakukan pemantauan penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2019 yang menggunakan bus di Terminal Wates.

“Selain memaksimalkan personel yang selama ini bertugas di terminal, akan ada penambahan sekitar delapan petugas Jaga Warga. Mereka membantu pengamanan dan kelancaran, penumpang dan bus di terminal,” ujar Yunarti di Terminal Wates.

Terminal Wates dan Terminal Jombor, katanya, berfungsi sebagai terminal transit untuk menurunkan dan menaikan penumpang. Untuk kelancaran kedatangan dan pemberangkatan bus, berupaya meminimalisir kawasan terminal yang difungsikan menjadi pool atau lokasi parkir bus.

Menurutnya, personel yang dimaksimalkan meliputi 6 (enam) petugas tetap dari Dishub DIY, 7 (tujuh) petugas security dan 2 (dua) petugas outsourcing. Kemudian pada H-7 sampai H+7 Idul Fitri ada penambahan petugas dari Jaga Marga. Di Terminal Wates seperti masa lebaran tahun-tahun sebelumnya, disiagakan Posko Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes), PMI dan unsur organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kulonprogo.

“Kedatangan ada yang turun di Terminal Wates ada peningkatan dibandingkan hari-hari biasa, tetapi tidak sebanyak keberangkatan penumpang pada masa arus balik Lebaran,” jelasnya.

Dijelaskan sepanjang dalam rangka mempersiapkan menjadi pusat kegiatan bisnis atau business plan, Terminal Wates masih tetap difungsikan sebagai terminal transit, yaitu tempat menurunkan dan menaikan penumpang. Lantai bawah difungsikan sebagai terminal dan dua lantai bangunan diatasnya menjadi pusat kegiatan bisnis. “Sama dengan Terminal Jombor, Terminal Wates ke depan akan dijadikan pusat kegiatan bisnis,” tambah Yunarti. (Ras)