DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 25 Mei 2019 / 10:12 WIB

Harga Bahan Pangan Relatif Stabil

YOGYA, KRJOGJA.com - Berkat ketersediaan stok bahan pangan yang mencukupi dan kelancaran distribusi, harga bahan pangan di DIY relatif stabil dan terkendali jelang Lebaran 2019. Mempertimbangkan kondisi tersebut, Pemda DIY optimis harga bahan pangan tidak akan bergejolak sehingga diprediksi inflasi Mei 2019 ini tidak akan lebih daripada bulan sebelumnya.

Kepala Bulog Divre DIY, Kedu dan Banyumas Rini Andrida mengatakan, dari sisi ketersediaan dapat dipastikan stok bahan pangan di DIY sangat cukup jelang Lebaran 2019. Sementara dari sisi keterjangkauan atau distribusi dilakukan melalui berbagai pola antara lain pasar murah di setiap kelurahan, memanfaatkan Rumah Pangan Kita (RPK), Kios Segoro Amarto bekerja sama dengan kios-kios yang lainnya maupun paket-paket sembako dari Pemerintah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan sebagainya.

"Kita pastikan stok bahan pangan di DIY cukup. Belum lagi, dibantu kelancaran distribusi melalui pasar murah, memanfaatkan jaringan 7.000 RPK, Kios Segoro Amarto dan lainlain.sangat membantu mengurangi tekanan harga komoditi bahan pangan jelang Lebaran 2019," ujar Rini.

Pola-pola distribusi komoditi bahan pangan tersebut sebagai salah satu upaya instansi untuk masuk dalam pasar atau mengintervensi harga pasar. Intervensi pasar ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jaringan distribusi yang dimiliki agar bisa membantu menekan, bukan hanya jaringan Bulog semata, tetapi juga jaringan kerja sama.

"Kita pantau ketersediaan komoditi bahan pangan berkoordinasi dengan Bulog Divre DIY, Kedu dan Banyumas maupun Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY jauh-jauh hari sebelumnya, kelancaran distribusi serta mengintensifkan komunikasi terutama dengan imbauan bagi masyarakat DIY di berbagai media massa," tambah Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY Hilman Tisnawan.

Hilman mengaku terkejut harga bahan pangan tidak naik sejak awal dibandingkan momentum yang sama tahun lalu. Meskipun inflasi DIY pada April 2019 mencapai 0,46 persen yang lebih tinggi dibandingkan dengan angka nasional 0,42 persen, tetapi dari hasil pemantauan harga, rata-rata harga komoditi bahan pangan yang naik hanya dipersentase 0,1 hingga 0,2 persen. (Ira)