Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 24 Mei 2019 / 17:49 WIB

PM Inggris Segera Umumkan Pengunduran Diri

INGGRIS, KRJOGJA.com - Perdana Menteri Inggris, Theresa May, diperkirakan akan mengumumkan hari pengunduran dirinya dalam waktu dekat di saat negosiasi Brexit atau proses Inggris keluar dari Uni Eropa terus menemui jalan buntu. Sejumlah media melaporkan bahwa May akan mengumumkan hari pengunduran dirinya itu dalam konferensi pers.

Setelah mengalami krisis kepemimpinan hampir tiga tahun, May dijadwalkan bertemu dengan Komite Konservatif 1922. Komite tersebut memiliki mandat memutuskan masa jabatan perdana menteri dan menentukan pengunduran dirinya.

Bendahara Komite 1922, Geoffrey Clifton-Brown, mengatakan May akan tetap menjabat sebagai PM sementara dewan tersebut memilih penggantinya. "Akan jauh lebih teratur jika dia (May) tetap sebagai PM saat ini sementara kami menjalani proses pemilihan pemimpin Partai Konservatif yang pada akhirnya akan mengambil alih jabatan perdana menteri," kata Clifton-Brown.

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt, juga mengatakan bahwa May akan tetap menjabat sampai pemilihan pemimpin Partai Konservatif selesai yang berlangsung selama enam minggu. Pemilihan tersebut kemungkinan akan digelar pada 10 Juni mendatang, tak lama setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengunjungi Inggris. (*)