Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 24 Mei 2019 / 17:52 WIB

Penuhi Kebutuhan BBM Lebaran, Pertamina Maksimalkan SPBU


BOYOLALI, KRJOGJA.com - Antisipasi kenaikan konsumsi BBM pada musim lebaran, PT. Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY maksimalkan kapasitas penyimpanan SPBU yang ada di Jawa Tengah. 

General Manager MOR IV Jateng dan DIY, Iin Febrian menjelaskan, untuk kebutuhan lebaran, konsumsi BBM di jateng jenis gasoline mengalami peningkatan tertinggi se-Indonesia, dimana bila pada hari normal sebanyak 12 ribu KL/hari, khusus untum kebutuhan lebaran meningkat 24 persen menjadi 15 ribu KL/hari. Sedangkan beban puncak konsumsi BBM diprediksi terjadi pada H-2 lebaran, dimana kebutuhan BBM mencapai 20 ribu KL/hari. 

"Kita sudah siap untuk memenuhi kebutuhan BBM untuk lebaran kali ini. Stok kita juga disuplai dari kilang di Cilacap menggunakan jalur pipa," katanya disela buka bersama dan pemberian santunan kepada anakk yatim piatu di Terminal BBM Depo Teras, Boyolali, Kamis (23/5) petang kemarin. 

Salah satu cara menjaga suplai, sambungnya, adalah memaksimalkan kapasitas penampungan BBM di sebanyak 842 SPBU di Jateng untuk semua jenis produk, diantaranta Premium, Pertalite, dan Pertamax. Sementara untuk jenis solar, trend konsumsinya menurun hungga 12 persen sebab ada penurunan aktivitas dan pembatasan angkutan barang. "Selagi masih ada ruang, kapasitas di SPBU kita maksimalkan, " 

Khusus untuk di jalur tol dari Brebes hingga Sragen sepanjang 323 km  yang pada tahun ini sudah beroperasi penuh untuk jalur mudik, pihaknya juga sudah siap untuk mensuplai kebutuhan BBM. Tahun ini, ada enam SPBU yang sudah beroperasi di sepanjang jalur tol di Jateng. sementara tahun lalu hanya satu SPBU saja. "Satu SPBU lagi sedang dipersiapkan agar bisa beroperasi secepatnya,"  tambahnya. (Gal)