Olahraga Editor : Danar Widiyanto Kamis, 23 Mei 2019 / 21:20 WIB

Rencana Piala Dunia 2022 dengan 48 Negara Dibatalkan FIFA

SWISS, KRJOGJA.com - Badan sepak bola dunia, FIFA mengakui bahwa kemungkinan Piala Dunia 2022 diikuti 48 negara tidak mungkin untuk saat ini. Presiden FIFA, Gianni Infantino sebelumnya berusaha keras untuk membuat edisi 2022, yang akan diadakan di Qatar dimainkan oleh 48 tim.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan hari ini, FIFA mengungkapkan rencana itu tidak siap untuk diimplementasikan sehingga  Piala Dunia 2022 tetap akan dimainkan oleh 32 tim. Berikut ini siaran pers lengkap FIFA, sebagaimana dikeluarkan di situs web mereka.

Sejalan dengan kesimpulan studi kelayakan yang disetujui oleh Dewan FIFA pada pertemuan terakhirnya, FIFA dan Qatar bersama-sama mengeksplorasi semua kemungkinan untuk meningkatkan jumlah tim peserta dari 32 menjadi 48 tim dengan melibatkan negara-negara tetangga di Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Setelah proses konsultasi yang menyeluruh dan komprehensif dengan keterlibatan semua pemangku kepentingan terkait, disimpulkan bahwa dalam keadaan saat ini proposal seperti itu tidak dapat dibuat sekarang.

Selain itu, FIFA dan Qatar sekali lagi mengeksplorasi kelayakan Qatar menjadi tuan rumah turnamen 48 tim khususnya dengan menurunkan persyaratan utama FIFA tertentu. Analisis bersama, dalam hal ini, menyimpulkan bahwa karena tahap persiapan yang lanjut dan kebutuhan untuk penilaian rinci tentang dampak logistik potensial pada negara tuan rumah, lebih banyak waktu akan diperlukan dan keputusan tidak dapat diambil sebelum batas waktu akhir, Juni. Karena itu diputuskan untuk tidak mengejar opsi ini lebih jauh.

Oleh karena itu, Piala Dunia FIFA Qatar 2022 akan tetap sesuai rencana semula dengan 32 tim dan tidak ada proposal yang akan diajukan pada Kongres FIFA berikutnya pada tanggal 5 Juni. (*)