DIY Editor : Agung Purwandono Kamis, 23 Mei 2019 / 15:40 WIB

Bravo 5 DIY Kecam Elit Politik yang Tak Memberikan Contoh Baik

YOGYA, KRJOGJA.com - Bravo 5 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan kecaman terhadap elit politik yang tidak memberikan contoh kepada publik untuk bersikap dewasa menyikapi hasil pemilihan umum.

Pernyataan sikap dari Bravo 5 yang merupakan yang mendukung pasangan Joko Widodo dan Maaruf Amin ini terkait dengan aksi massa pasca diselesaikannya rekapitulasi suara Pemilu oleh KPU. Seperti diketahui terjadi serangkaian tindak kekerasan/kerusuhan yang terjadi di sejumlah titik pada tanggal 21-22 Mei 2019 di Jakarta.

Ketua Bravo 5 DIY  Rumekso Setyadi  menyatakan pihaknya mengucapkan belasungkawa kepada pihak keluarga yang  meninggal dunia dalam aksi 22 Mei. Selain itu meminta aparat berwenang untuk mengusut penyebab kematiannya serta menginformasikan segera kepada publik.

"Kami mengecam sikap para elit politik yang tidak memberikan contoh kepada publik untuk bersikap dewasa dan tidak memiliki jiwa kesatria dalam menerima hasil Pemilu yang telah diumumkan oleh KPU dan justru memprovokasi bahkan memberikan pernyataan kepada massa untuk melakukan aksi demokrasi jalanan," paparnya.

Bravo 5 DIY juga mendesak aparat keamanan untuk segera mengusut tuntas aktor intelektual (penyandang dana/penggerak massa) penyebab kerusuhan untuk proses sesuai hukum yang berlaku. Mendukung sepenuhnya langkah-langkah pemerintah bersama TNI/Polri dalam rangka menjaga stabilitas keamanan demi kenyamanan warga sehingga dapat menjalankan aktifitas ekonomi dengan lancar.

"Kami mengajak semua komponen bangsa; tokoh masyarakat, tokoh agama,  tokoh politik, untuk bersikap tenang, tidak terpancing berita hoax, serta menyerukan kepada masyarakat luas senantiasa hidup rukun antarsesama anak bangsa dalam kerangka NKRI yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika," imbuhnya dalam pernyataan sikap yang diterima KRjogja.com, Kamis (23/5/2019). (*)