Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 23 Mei 2019 / 13:31 WIB

20 Penjaga Perlintasan Terima Tali Asih

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH menyerahkan tali asih kepada 20 penjaga perlintasan sebidang di perlintasan Desa Tegalkuning Kecamatan Banyuurip, Kamis (23/5). Wakil bupati meminta penjaga perlintasan meningkatkan kewaspadaan seiring meningkatnya frekuensi perjalanan KA menjelang lebaran.

Menurut Yuli Hastuti, tanggung jawab penjaga perlintasan sangat berat dalam menjaga keselamatan pengguna jalan dan kereta api. Selain dihadapkan pada meningkatnya jumlah perjalanan KA, petugas juga diuji kesabarannya menghadapi pengendara yang tidak paham aturan. "Harus tegas karena keselamatan pengendara sekaligus kereta api salah satunya ada di pundak petugas penjaga perlintasan," tegasnya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Bantuan diberikan kepada petugas yang berjaga di perlintasan Tegalkuning, Desa Andong Butuh, Bayem Kutoarjo, Krendetan Bagelen dan underpass Besole Bayan. Bantuan berupa bingkisan lebaran dan uang bersumber dari 'Coorporate Social Responsibility' (CSR) Bank Purworejo.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Agus Budi Supriyanto menambahkan, bantuan harus bisa menjadi pemacu semangat penjaga dalam bertugas. "Selalu siaga dan tidak boleh lengah," katanya.

Agus juga mengingatkan ada sedikitnya 24 perlintasan sebidang ilegal yang masih digunakan warga Purworejo. "Waspada karena perlintasan itu tidak dipasang palang pengamanan. Tetapi beberapa sudah ditutup oleh PT KAI," ucapnya. (Jas)