Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Kamis, 23 Mei 2019 / 04:10 WIB

Hadapi Lonjakan Trafik Data, Kapasitas Jaringan Ditingkatkan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Indosat Ooredoo menyiapkan kapasitas jaringannya untuk mengantisipasi trafik telekomunikasi yang selalu meningkat selama masa Ramadhan dan Lebaran.  Pihaknya memprediksi trafik data akan mengalami lonjakan dikisaran 15 hingga 20 persen sama libur Lebaran 2019. 

Sales Area Manager Yogyakarta Inner Fifi Sulistyoningsih mengatakan seiring dengan tren digital dan penggunaan media sosial masyarakat yang terus meningkat, kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18,4 Terabyte/hari.

"Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 15 hingga 20 persen saat perayaan Lebaran ini," ujar Fifi di Sleman, Rabu (22/5/2019).

Fifi menjelaskan untuk layanan SMS disiapkan hingga 974 juta SMS/hari dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatan trafik yang mungkin terjadi. 

"Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat selama Ramadan dan Lebaran. Kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi itu didukung penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus," tutur Fifi.

Sales Area Manager Yogyakarta Outer Aris Budiyanto menyampaikan penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan juga jadi komitmen pihaknya untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat diantisipasi. Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo untuk Ramadan dan Lebaran ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan.

"Uji tersebut telah dilakukan di kota-kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia. Untuk wilayah DIY lonjakan trafik biasanya terjadi di daerah perkotaan dan pariwisata yang juga telah kami antisipasi," pungkas Aris.(Ira)