DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 23 Mei 2019 / 00:10 WIB

Jelang Lebaran Emak-emak Bisa ke Pasar Sampai Malam

YOGYA, KRJOGJA.com - Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi  menuturkan jelang hari raya lebaran 1440 H, sejumlah pasar di Kabupaten kota akan dibuka hingga malam hari. Hal itu dikarenakan kebutuhan bahan pokok hingga keperluan hari raya semakin meningkat. 

"Seperti tahun lalu, kami memberikan kesempatan bagi masyarakat yang akan berbelanja. Karena Beringharjo sendiri sudah buka sampai malam, artinya kita memberikan kesempatan yang lebih luas kepada pedagang. Saya yakin dimasa sekarang ini pasar-pasar banyak diserbu oleh masyarakat terlebih lagi jelang lebaran," kata Heroe Purwadi kepada wartawan, Rabu (22/05/2019).

Jika biasanya, lanjut Heroe, yang sampai malam hari adalah pasar oleh-oleh kerajinan, mungkin di masa Ramadan dan lebaran besok,  pasar pasar kebutuhan pokok dapat ikut berjualan sampai malam. Sekaligus ini menjadi momentum bagi pasar yang sifatnya hanya kebutuhan pokok. 

"Biasanya menjelang lebaran itu keluarga masaknya ngelembur, itu mau tidak mau, Kita bisa dorong pasar untuk buka sampai malam hari," tambahnya. 

Sementara untuk di pasar Pasty dan Giwangan, selain memberikan pelayanan pada masyarakat juga bisa menarik para wisatawan. Hal itu dapat diwujudkan dengan adanya pagelaran kesenian yang ada di Yogyakarta.

Pemerintah Kota ingin memperkuat dan memberikan pelayanan pada masyarakat. Mulai dari lampu di jalanan yang mati, jelang lebaran semua akan terkondisikan. Begitu juga lubang-lubang di jalanan sudah tertutup. Sehingga para pemudik atau wisatawan domestik yang datang ke Yogya dapat menikmati lebih baik lagi. Pun sejumlah tempat wisata seperti Taman Pintar akan dibuka pada malam hari. (Ive)