Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 22 Mei 2019 / 16:16 WIB

Butuh Bantuan, Septian Bocah Penderita Kanker Hati

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Wiradinali Septian Kaloko (9) bocah warga RT 03 RW 01 Dusun Krajan Desa Kamojoro Kecamatan Bener didiagnosa menderita kanker hati. Perut anak pasangan Robu Sancaya Novian Kaloko dan Siti Sulaimah itu mengalami pembesaran dalm kurun dua tahun terakhir.

Penyakit kanker hati diderita pelajar kelas IV SD Kamijoro itu sejak tahun 2017. "Ketika itu anak saya mengeluh sakit perut, karena tidak sembuh dibawa ke puskesmas kecamatan," ujar Siti Sulaemah, kepada KRJOGJA.com, Rabu (22/05/2019).

Namun karena peralatan tidak memadai, dokter puskesmas merujuk Septian ke RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo. Dokter RSUD mendiagnosa Septian terkena kanker hati dan meminta keluarga melanjutkan pengobatan ke RSUP Dr Sarjito Yogyakarta.

Tim dokter RSUP menyarankan Septian menjalani operasi atau kemoterapi. Namun karena pertimbangan usia terlalu muda, pihak keluarga tidak mengambil kesempatan itu. "Kami coba pengobatan alternatif, namun memang tidak ada perubahan. Justru perut Septian semakin besar," ungkapnya.

Keluarga, lanjutnya, kembali membawa Septian ke RSUP Dr Sarjito. Keberangkatan itu turut dibantu donasi warga dan Pemerintah Desa (Pemdes) Kamijoro. "Kami berangkat lagi ke Yogyakarta, semoga proses operasi atau kemoterapi bisa dilakukan untuk Septian," ucapnya.

Kepala Desa Kamijoro Wahyudi menambahkan, Septian dan ibunya tinggal di rumah nenek mereka Rusiyah. Mereka, katanya, bukan termasuk keluarga berada di desanya. Siti Sulaemah bekerja sebagai pelayan toko di Purworejo.

Sementara Robu Sancaya Novian Kaloko merantau di Jakarta. Berdasar penuturan keluarga, Robu sudah beberapa tahun tidak pulang kampung. "Adanya fakta itu tentu kami prihatin, maka desa dengan segenap kemampuan mencoba membantu, antara lain membuka penggalangan dana," tandasnya. (Jas)