DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 22 Mei 2019 / 14:45 WIB

MTSN 5 Bantul Terima Tim Visitasi Akreditasi

BANTUL, KRJOGJA.com - Pembelajaran yang berkualitas dapat menjadi magnet kuat untuk merangsang orangtua menyekolahkan putra putrinya di MTsN 5 Bantul. Pembelajaran berkualitas berawal dari proses pembelajaran yang menyenangkan. Hal tersebut dikatakan Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) DIY Achmad Jamil MPd saat menyampaikan kesan pesannya dihadapan guru dan karyawan di MTsN 5 (Kampus Hijau Matsamaba) Bantul dalam penutupan Visitasi Akreditasi.

Menurut Jamil, salahs atu faktor penting yang dapat menumbuhkan pembelajaran yang menyenangkan adalah penilaian. Penilaian yang objektif, transparan dan adil menimbulkan kepuasan bagi siswa. Sebuah penilaian dikatakan objektif apabila dalam menilai guru tak dipengaruhi subyektivitas pribadi, transparan apabila prosedur, kriteria dan dasar pengambilan keputusan terhadap hasil belajar dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan. Sedangkan dikatakan adil apabila penilaian tidak menguntungkan atau merugikan siswa.

Kepala MTsN 5 Bantul Siti Solichah SPd menjelaskan, visitasi akreditasi dilangsungkan dua hari, Jum`at Sabtu (17-18/5) dengan Asesor Achmad Jamil MPd dan Sugiyo SAg MPd.I. Keduanya mencocokkan format yang telah diisi madrasah meliputi 8 standar dipandu koordinator setiap standar yaitu Standar Isi (Sugeng Muhari), Standar Proses (Yuli Marhaeni), Standar Kompetensi Lulusan (Nursiwiasawati ), Standar Pendidik  dan Tenaga Kependidikan (Joko Purwanto), Standar Sarana dan Prasarana (Muntaha),Standar Pengelolaan (Musa Surahman),  Standar Pembiayaan (Retno Siwi) dan Standar Penilaian (Sutanto).

Setelah seremoni pembukaan, hari pertama kedua asesor mengecek seluruh bangunan yang ada mulai dari ruang guru, TU, mushala, perpustakan, laboratium TIK. Dalam pengecekan ini tidak sekedar mengecek bagian luarnya saja, namun detail sampai ke bagian dalam ruangan. Usai berkeliling dilanjutkan pengecekan standar pendidik dan tenaga kependidikan dan standar sarana prasarana..

Salah satu panitia akreditasi Drs Sutanto, Rabu (22/5) mengatakan, ada beberapa catatan asesor saat menyampaikan kesan pesannya usai menyelesaikan visitasi, Sabtu (18/5), diantaranya, semua kegiatan harus terdokumentasi dengan lengkap baik berupa daftar hadir, notulen, foto kegiatan dan lain-lain. (Rar)