2016-07-25

SEORANG guru SD Kelas V di Bantul kecewa karena pada awal ajaran baru banyak siswa yang absen. Setelah dilacak, kekecewaannya pudar karena para siswa ternyata belum sembuh dari khitan. Liburan panjang dimanfaatkan para orangtua untuk mengkhitankan anaknya. (Kiriman: Anggi Narimawati, Kelas III B SMPN 2 Bambanglipura Bantul Yogyakarta)

Kiriman:
Anggi Narimawati, Kelas III B SMPN 2 Bambanglipura Bantul Yogyakarta

2016-07-24

SEORANG anak perempuan di Condongcatur hobi mencoba barang baru, seperti pasta gigi baru, sabun baru, minuman baru dan lainnya. Suatu ketika ia masuk kamar mandi dan membawa tube yang diyakini pasta gigi baru, tapi kemudian ia menjerit karena isi tube yang dikira pasta gigi itu membuat mulutnya lengket. Ternyata yang disangka pasta gigi itu lem buat gigi palsu milik ayahnya.

Kiriman:
Retno Pujiastuti, RT 008 RW 005 Manukan Condongcatur, Depok Sleman

2016-07-23

BULAN Ramadan lalu seorang bocah berusia 7 tahun di Tegalrejo Cilacap mencoba latihan puasa setengah hari. Saat buka ia mencomot isi bungkusan yang dibawa ibunya dari pasar yang bentuknya persis kurma. Tapi setelah dikunyah, rasanya tidak ma- nis dan mulutnya justru berbusa. Ternyata yang ia makan lerak yang biasa digunakan untuk mencuci kain batik. (Kiriman : Ani Sumijatin, Jalan Blekok No 238/RW II Tegalreja RT 02/RW II Cilacap 53213)

Kiriman:
Ani Sumijatin, Jalan Blekok No 238/RW II Tegalreja RT 02/RW II Cilacap 53213

2016-07-20

MENGHADAPI masa pensiun, seorang warga Kulonprogo mempersiapkan jurus 5Ng, yakni 'Ngaritke Sapi, Ngresiki Omah lan Kebon, Ngeterke Anak Bojo, Ngemong Putu, Ngisi TTS KR'. Jurus 5 NG ini akan dilaksanakan untuk mengatasi kesepian. (Kiriman: Sri Hartana SPd, SD Negeri Ngentakrejo, Lendah Kulonprogo)

Kiriman:
Sri Hartana SPd, SD Negeri Ngentakrejo, Lendah Kulonprogo

2016-07-15

KETIKA pulang dari Posko Bencana turun menuju kos di Purworejo, di jalan terlihat dua ibu penjual tikar menuju pasar yang cukup jauh. Sopir pun kasihan dan mempersilakan kedua ibu itu untuk menumpang. Sampai di jalan besar, salah seorang ibu mengetuk kaca mobil bukan untuk mengucapkan terima kasih, tetapi justru minta uang. "Iki jenenge diwenehi ati ngrogoh rempela," kata seorang petugas Posko

Kiriman:
M Budi Prastowo, Jalan Pasar Hewan 26A Kutoarjo 54211

2016-07-15

HAMPIR setiap hari kampung Candirejo, Borobudur, kedatangan turis mancanegara dan domestik. Kalau muncul andong mengangkut turis, anak-anak yang sedang bermain langsung bubar dan lari menuju ke sebuah rumah. Bukan karena takut, tapi karena harus menabuh gamelan untuk 'mangayubagya' para turis yang turun dari andong.

Kiriman:
Suratmin, Kedungombo RW 01/RW 01 Candirejo, Borobudur, Magelang 56553

2016-07-14

PADA mudik Lebaran tahun ini muncul tiga jalur baru, yakni Jalur 'Semar Loyo' (Semarang-Solo-Yogya), Jalur 'Buta Ijo' (Bumiayu - Purwakarta - Wonogiri - Jogja) dan Jalur 'Sundel Bolong' (Surakarta-Delanggu-Boyolali-Gemolong).

Kiriman:
Munir Yusuf Mahendra, MAN Klaten III IPA, Jalan Ki Ageng Gribig, Bareng Lor Klaten 57431

2016-07-11

PADA bulan Ramadan kemarin banyak warga Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah setiap sore hadir di perlintasan kereta api untuk menunggu lewatnya KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasar Senen. Pasalnya, perlintasan 564 itu jadi 'pathokan' saat buka puasa. bulan Ramadan kemarin banyak warga Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Jawa Tengah setiap sore hadir di perlintasan kereta api untuk menunggu lewatnya KA Kutojaya Utara jurusan Kutoarjo-Pasar Senen. Pasalnya, perlintasan 564 itu jadi 'pathokan' saat buka puasa.

Kiriman:
Rhestra Ahnaf FA, Kelas IX F SMPN 1 Cilacap, Jalan Jenderal AYani 15 Cilacap 53213

2016-07-10

UNTUK menekan aksi copet selama arus mudik Lebaran, di Terminal Bus Tirtonadi Solo didirikan posko berupa tenda putih berukuran 3X3 meter dengan nama 'Tempat Istirahat Copet'. Posko tersebut untuk memajang copet yang tertangkap sebelum diserahkan polisi. Tapi jadwal mempertontonkan copet 'hanya' lima jam.

Kiriman:
Efiyati, Jeruklegi RT 22 Banguntapan, Bantul 55198

2016-07-05

PULANG salat Subuh, seorang kakek di Seyegan Sleman terlihat basah kuyup. Sang nenek bertanya, "Esukesuk kok klebus seka ngendi pakne?" Dijawab, "Wah cilaka, keceblung blumbang..." Ternyata, sang kakek saat mau buang hajat di kolam lele dalam keadaan mengantuk, sehingga salah langkah dan kecemplung kolam.

Kiriman:
Yuniati, opadan Klawisan 01-29, Margoagung, Seyegan

2016-07-04

BAK belakang truk sering dihiasi tulisan-tulisan unik, seperti 'Dua Anak Dua Isteri, Bangkrut', 'Pergi Pagi, Pulang Petang, Penghasilan Pas-pasan', 'Pulang Malu Nggak Pulang Rindu' dan lain-lain. Tapi di Bandungan ada truk yang cukup relijius, karena bak belakangnya bertuliskan 'Jangan Datang Hanya Saat Butuh, Aku Bukan Tuhan'

Kiriman:
Reki Eko Rohdiyanto, Jetis No 14 RT 2/VI Bandungan, Ungaran, Jawa Tengah 50665

2016-07-03

USAI donor darah di PMI Tegalgendu Yogya, seorang pedagang mainan anak-anak kemudian buka puasa dan salat Maghrib. Selanjutnya ia naik bus pulang ke Klaten. Seharusnya ia turun di terminal Bendogantungan, tapi lantaran tertidur, ia kebablasan dan terbangun di terminal Panggung Dlanggu. Kernet mengatakan, "Ayo neng Solo wae. Turune tutukke, Mas."

Kiriman:
Suwarno, Jalan Raya Utara 73 Wedi, Klaten 57461

2016-07-02

ORANG yang berpuasa di bulan Ramadan setiap hari selalu menunggu datangnya Azan Maghrib, karena saat berbuka puasa ditandai Azan Maghrib. Namun di Desa Ringkit, Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, ada warga bernama Azan Maghrib yang berpuasa, sehingga ia juga selalu menunggu berkumandangnya namanya sendiri, Azan Maghrib.

Kiriman:
Ganjar Andaka, Jurusan Teknik Kimia IST Akprind Yogyakarta

2016-07-01

LEBARAN kali ini menghadapi mahalnya harga daging sapi, sehingga orang berlomba mencari pengganti daging sapi. Seorang ibu di Kutoarjo mengganti daging sapi dengan membuat opor terong yang dimasak sedemikian rupa, sehingga disenangi banyak orang.

Kiriman:
Aris Irianti, Aris Irianti SMPN 3 Purworejo, Jalan Mardi Husodo 3 Kutoarjo 54212)

2016-06-29

SAAT leyeh-leyeh tiduran, seorang penduduk Wirobrajan Yogya, mendengar suara kresek-kresek dekat almari. Setelah ditengok terlihat ada tikus sedang menyeret bungkus mi instan dengan giginya. Ia tidak merebut mi instan yang dibawa tikus, tapi hanya mengamati arah perjalanan tikus tersebut. Ternyata bungkus mie instan dibawa ke tempat tersembunyi kemudian dikrikiti baru kemudian isinya dimakan

Kiriman:
Sutardjo, Gang Pamularsih No 46, Patangpuluhan, Yogya

BERITA LOKAL

SERBA SERBI