Irama Agung Jawara di Piala Raja

Konkurs Piala Raja HB Cup 2016 digelar di Alun-alun Kidul Kraton Yogyakarta. (Foto: Sulistyanto)

LOMBA atau konkurs perkutut Piala Raja HB Cup kembali digelar di Alun-alun Kidul Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sabtu-Minggu (17-18/9/2016). Pada hari pertama melombakan Piyik Junior, Senior dan Hanging. Hari kedua kelas bergengsi, Dewasa Senior dan Junior. Perkutut bernama Irama Agung milik H Tohir asal Madura berhasil menjadi juara I Kelas Dewasa Senior.

Pembukaan lomba ini ditandai dengan prosesi penyerahan piala bergilir replika Mahkota Raja yang dibawa bergada prajurit Kraton Ngayogyakarta lalu diserahkan GBPH Yudhaningrat, diteruskan ke Ketua Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Pusat, Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY, dilanjutkan ke Ketua P3SI Pengwil DIY dan ketua panitia Piala Raja HB Cup 2016.

“Piala Raja tahun ini sudah yang kedua puluh tujuh, kami berharap dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas lebih khusus penggemar perkutut maupun bidang pariwisata di DIY dan sekitarnya,” papar GBPH Yudhaningrat saat sambutan pembukaan.

Sedangkan Kepala Dinpar DIY dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinpar DIY Rose Sutikno SH MM mengungkapkan, lebih dari 750 perkutut dilombakan dalam even ini. Selain mampu meningkatkan keragaman daya tarik wisata DIY, kegiatan seperti ini juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta pembelanjaan, sebab sebagian peserta biasa membawa keluarganya. Peserta juga akan menyebarkan informasi ataupun aneka daya tarik wisata di DIY.

“Konkurs yang menjadi agenda rutin seperti ini akan menjadi bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakat terutama UMKM seperti usaha pembuatan sangkar, racikan pakan dan usaha-usaha lain yeng terkait,” paparnya.

Adapun perkutut yang berhasil menjadi juara II dan III di Kelas Dewasa Senior, yaitu Batu Hitam – H Jai/H Rehan (Banjarmasin) dan Ayun – H Samsuri (Sampang). Juara I sampai III Kelas Dewasa Yunior, Alkaline – H Udin (Kalsel), Bunga Desa – H Tohir (Madura) dan Madura Indah – K Blega (Madura). Piyik Senior juara I sampai III, yakni Pajero – Wijaya (Surabaya), Lembayung Sutra – Aksan AKN (Sampang) dan Alam Raya – Aksan AKN (Sampang). Juara I sampai III Piyik Yunior, Guntur Junior – A Faisal (Surabaya), Laskar – Jamal (Bangkalan) dan Bunga Surga – KH Noor (Madura). (Yan)

 

Tulis Komentar Anda