Jateng Editor : Danar Widiyanto Jumat, 07 Desember 2018 / 20:50 WIB

Seharusnya ke Solo, Cuaca Buruk Lion Air JT 925 Dialihkan ke Surabaya

SOLO, KRJOGJA.com - Disebabkan cuaca buruk terjadi hujan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah udara Solo dan sekitarnya, pesawat Lion Air dgn nomor penerbangan JT 925 tujuan Denpasar - Solo yang seharusnya mendarat di bandara internasional Adi Soemarmo pukul 18.35 terpaksa divert (dialihkan landing) ke bandara internasional Juanda, Surabaya), Jumat (7/12/2018). Selain berdampak pada penutupan bandara Adi Soemarmo selama seper empat jam, peristiwa divert pesawat Lion Air JT 925 jenis Boeing 737 - 900 juga berdampak dua pesawat masing-masing Garuda nomor penerbangan GA-226 dan Lion Air nomor penerbangan JT-3534 dalam posisi holding ( pesawat menunggu di udara, dengan cara berputar-putar  menunggu antrean untuk landing). 

Humas Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danar Dewi, Jumat (7/12/2018) kepada wartawan membenarkan Bandara  Adi Soemarmo sempat ditutup jam 19.00 tetapi sudah dibuka kembali pada pukul 19.15. Awalnya dikarenakan cuaca buruk pesawat Lion Air dgn nomor penerbangan JT 925 dari Denpasar yang seharusnya mendarat di bandara Adi Soemarmo terpaksa berputar-putar di udara (holding) , hingga akhirnya  dialihkan mendarat (divert) ke bandara Juanda, Surabaya.  

"Sesuai pantauan kami,  pesawat Lion Air Boeing 737 - 900  dengan  penumpang berjumlah 118 , terdiri 116 penumpang dewasa dan  dua orang anak-anak telah mendarat dengan selamat di bandara internasional Juanda, Surabaya," ujar Danar Dewi. 

Selain penutupan bandara dampak divert pesawat Lion Air JT 925 juga berdampak dua pesawat  masing-masing Garuda nomor penerbangan GA226 dan Lion Air nomor penerbangan JT3534 dalam posisi holding ( pesawat menunggu di udara, dengan cara berputar-putar  menunggu antrean untuk landing). 

"Sekarang baik pesawat Garuda GA226 dan Lion Air nomor penerbangan JT3534 telah mendarat di bandara Adi Soemarmo dengan selamat" ujar Danar Dewi. 

Sementara Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam pesan melalui aplikasi whatsup yang diterima KRjogja.com tanggal, 7 Desember pukul 19.05 WIB,  menyebutkan , masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 19.35 WIB di Sragen Timur-Selatan, Blora Selatan, Karanganyar Utara, Perbatasan Boyolali-Surakarta, Klaten Selatan, Wonogiri Selatan, Perbatasan Cilacap-Banyumas-Kebumen dan sekitarnya. 

Kondisi itu dapat meluas ke Purbalingga Selatan, Banjarnegara Selatan, Wonosobo Selatan, Purworejo Utara, Magelang Selatan, Sukoharjo, Grobogan Selatan, Kabupaten Semarang, Temanggung Utara, Kendal Selatan, Batang Selatan dan sekitarnya. Kondisi ini diprakirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.30 WIB.(Hwa)