Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 07 Desember 2018 / 15:05 WIB

Festival Kuliner Gali Potensi Produk Lokal

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Masyarakat Kabupaten Purworejo diminta untuk terus menggali dan mengembangkan potensi kuliner berbahan baku lokal. Mengingat dengan berbagai inovasi olahan, maka kecintaan masyarakat terhadap makanan lokal akan semakin membumi.

"Sebenarnya cukup banyak jenis dan produk olahan lokal yang bisa digali dan dikembangkan agar kembali dicintai masyarakat," kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM pada peresmian Festival Kuliner Purworejo yang berlangsung di kompleks pendapa rumah dinas bupati setempat, Jumat (7/12).

Menurut Agus Bastian, jika masyarakat tidak mau menggali kembali dan mengembangkan produk olahan lokal, maka tidak menutup kemungkinan akan diserbu oleh makanan olahan produk luar negeri. “Di Jepang saja makanan tradisional diolah kembali sedemikian rupa dan ternyata masih digemari, bahkan digemari warga manca negara,” tandasnya.

Sebenarnya lanjut Agus Bastian,Yasinoya,  makanan Jepang yang diolah kembali itu masih lebih enak dari sego (nasi) plenek  atau nasi bakar. “Begitupun makanan jenis piza, sebenranya masih lebih enak martabak. Tinggal bagaimana kita bisa memberi tambahan rasa atau jenis rasa yang berbeda,” jelasnya.

Berbagai makanan tradisional ini lanjut Agus Bastian,  masih memiliki peluang besar untuk kembali digemari masyarakat. Terlebih jika pada setiap kegiatan pertemuan, disajikan makanan-makanan tradisional. “Kacang, pisang, ketela dan lainnya jika diolah dengan baik, tetap layak untuk suguhan,” jelasnya. (Nar)