DIY Editor : Agung Purwandono Jumat, 07 Desember 2018 / 05:51 WIB

Hari Ini, Polda DIY Resmi Jadi Tipe A

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) mulai hari ini hingga kedepan, naik dari tipe B ke Tipe A. Kenaikan status ini membuat Polda DIY akan dipimpin jenderal polisi Bintang 2 dari sebelumnya Bintang 1.

Selain akan dipimpin oleh Inspektur Jenderal (Irjen) dengan sendirinya kenaikan tipe ini juga akan dikuti pejabat di bawahnya yang juga mengalami kenaikan esselon. Kenaikan tipe Polda ini merupakan berkah sekaligus tantangan.

Berkah karena dari segi sisi anggaran, Sarana Prasarana, dan Sumberdaya Manusia (SDM) mengalami peningkatan. sekaligus juga menjadi tantangan bagi Polda DIY ke depan. Karena peningkatan 3 hal itulah yang juga harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Kenaikan tipe ini merupakan hal yang lumrah dan wajar mengingat dari segi Pemeliharaaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) wilayah Hukum Polda DIY tergolong sangat tinggi. Selain itu, banyak masyarakat DIY yang berpendidikan tinggi dan berpengaruh serta memiliki wawasan kebangsaan yang luas misalnya dan juga tokoh politik, tokoh agama juga banyak yang berdomisili di DIY.

Status DIY yang memiliki banyak Perguruan Tinggi dengan jumlah akademi yang kritis terhadap pemerintah, serta frekuensi kegiatan masyarakat di DIY tergolong sangat tinggi, baik skala nasional maupun internasional, juga menjadi pertimbangan Polda DIY naik menjadi tipe A. 

Kepada  tim dari Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan RB) pada tanggal 30 Oktober 2018, tim yang dipimpin oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata laksana Kemenpan RB Pembina Utama Rini Widyantini SH MPM dengan didampingi Asisten Kapolri bidang Perencanaan dan Anggaran Irjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono MSi menerima paparan dari Polda DIY dengan dijelaskannya 48 Indikator dan 9 Dimensi untuk memenuhi syarat kenaikan tipe A.

Diantara meliputi dimensi Geografis,  Demografis, Sumberdaya Alam, Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Harkamtibmas, dan Kemampuan Kesatuan. Dari 9 dimensi tersebut setelah dilakukan pendalaman oleh tim dari Kemenpan RB dan Srena Polri, didapati bahwa Polda DIY sangat layak untuk naik tipe A.

Selain itu, faktor yang mendukung untuk kenaikan tipe juga didasari bahwa Jajaran Polda DIY memiliki beragam terobosan kreatif. Yakni Command Center, Laporan Polisi Online, Blokir Kendaraan Online, Sistem Pembinaan Karier (Sisbinkar), Program Tunas Unggul Handayani, Tim Progo Sakti, Kampung Tertib Lalu Lintas, Sim Corner, Sim Keliling, Samsat Corner, Samsat desa, Samsat Keliling, Bantuan Sar Sabhara, Holiday Bicycle Patrol, Patroli Cyber, Satgas Respon Media Sosial, Ronda Kesehatan, dan banyak terobosan kreatif lainnya.

Merunut dari sejarah pembentukan Polda DIY sendiri, Polda DIY berdiri awal mulanya pada tanggal 10 juli 1948 berdasarkan Undang Undang no 2 tahun 1948 yang ditetapkan pemerintah pada saat itu berkedudukan di Yogyakarta, Polda DIY saat itu bernama Kepolisian Wilayah (Polwil) Yogyakarta. Pada awalnya hanya terdiri dari 3 bagian diantaranya Bagian Umum, Bagian Reserse Kriminal dan Bagian Pengawasan Aliran Masyarakat.

Sedangkan struktur di bawahnya yaitu Polisi Sub Wilayah (setingkat Kepolisian Resor) pada tanggal 17 Agustus 1950 mempunyai Pos Pos Polisi. Kemudian pada tanggal 13 Mei 1951, Bagian pada Kantor Polisi Wilayah bertambah menjadi 5 bagian diantaranya Bagian Umum, Bagian Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat, Bagian Reserse Kriminal, Bagian Keuangan, dan Bagian Perlengkapan.


Sehubungan dengan keluarnya Undang Undang Pokok Pemerintah Daerah No : I/1957 tentang pembentukan daerah Swantara, maka susunan Kepolisian Wilayah berubah menjadi Distrik Kepolisian Yogyakarta. Sedangkan Kepolisian pada tingkat kecamatan bernama Sektor Kepolisian.

Kemudian pada tanggal 1 Juli 1967 berdasarkan Peraturan Menpangak No. Pol : 5 / PRT / Menpangak /1967 Kepolisian Yogyakarta berubah menjadi Komando Daerah Inspeksi Kepolisian. Setelahnya pada tanggal 25 April 1971 melalui Keputusan Kapolri No. Pol : 41/SK/Kapolri, Komando Daerah Inspeksi Yogyakarta diubah menjadi Komando Antar Resort (Komtarres) Yogyakarta.

Hingga kemudian pada tanggal 1 juli 1977 dengan dasar skep Kapolri No. Pol : Skep/55/VII/1977 Komtarres Yogyakarta menjadi Komando Wilayah 96 (Kowil 96) Yogyakarta. Ditahun 1985 Kowil 96 yogyakarta berubah menjadi Kepolisian Wilayah (Polwil) Yogyakarta. Sementara itu, di bulan September 1989, Polwil yang sebelumnya berkantor di Jl. Malioboro Yogyakarta berpindah di Jl. Lingkar Utara Condong Catur Depok Sleman Yogyakarta hingga sekarang.

Di tahun 1996, berdasarkan Keputusan Kapolri No.Pol : Kep/08/IX/1996 Polwil Yogyakarta berubah menjadi Kepolisian Daerah D.I.Yogyakarta tipe C. Hingga pada tanggal 30 Agustus 1999 Melalui Keputusan Menhankam/ Panglima TNI No.Pol : Kep/14/M/1999 Polda DIY mengalami validasi dari tipe C ke tipe B. Hingga kemudian berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : Kep / 1796 / XI / 2018 pada tanggal 17 November 2018 Polda DIY secara resmi naik tipe dari tipe B menjadi Tipe A. (*)