Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 21:20 WIB

Data Google Search Engine dan Otomotif, Apa Hubungannya?

MENUJU akhir tahun, Google merilis sejumlah data yang memperlihatkan karakter pengguna internet sepanjang 2018 di Indonesia. Berdasarkan data yang dipublikasikan di www.thinkwithgoogle.com, Indonesia merupakan salah satu negara yang persentase pengguna internetnya meningkat pesat. Bayangkan saja, persentase orang yang mengakses internet hanya 29 persen pada 2013 silam, tapi meningkat menjadi 56 persen pada 2017.

Fakta unik lainnya, nyaris semua pengguna internet menggunakan smartphone untuk mengakses dunia maya. Setidaknya 94 persen pengguna internet menggunakan smartphone di 2018, sedangkan di tahun 2013 hanya berkisar 40 persen. Pengguna internet pun tak terbatas di perkotaan saja, masyarakat yang tinggal pedesaan pun kini dapat dengan mudah mengakses dunia maya.

Perkembangan tersebut berdampak terhadap pencarian informasi terkait dengan dunia otomotif. Di tahun 2018, pencarian yang terkait dengan otomotif meningkat 1,3 kali lipat. Pencarian yang terbanyak dilakukan adalah mobil berjenis MPV dengan persentase 45 persen. Setelah itu diikuti oleh pencarian SUV dengan persentase 17 persen. Sedangkan pencarian terkait sepeda motor meningkat 1,6 kali, berkat kehadiran beragam produk skutik.

Kehadiran konten video yang berkaitan dengan dunia otomotif memberikan dampak positif terhadap konsumen. 82 persen pembeli mobil mendapatkan impresi positif terhadap sebuah mobil atau pabrikan mobil setelah menonton video terkait. 65 persen pembeli mobil mengaku video online mengenalkan mereka terhadap mobil yang tak dilirik sama sekali sebelumnya.

Tren tersebut pun berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap dealer. 78 persen pembeli mobil mencari dealer melalui search engine, 76 persen pembeli mobil mencari harga dan promo sebelum mengunjungi dealer. Bahkan, saat mengunjungi dealer pun 60 persen pembeli masih menggunakan smartphone untuk mencari informasi seputar mobil.(*)