Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 06 Desember 2018 / 18:42 WIB

Disdik Meminta Kepala SDN 2 Magelung Kembalikan Uang Pungutan

KENDAL, KRJOGJA.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Agus Rifai meminta kepada Kepala Sekolah SDN 2 Magelung Kaliwungu Selatan mengembalikan potongan dan tidak lagi memotong dana Program Indonesia Pintar (PIP). Pihaknya sudah menugaskan kepada Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) dan Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kaliwungu Selatan untuk melakukan klarifikasi.

"Memang diakui ada pemotongan namun itu kesepakatan dengan orang tua siswa yang menerima bantuan, namun hal tersebut tidak diperbolehkan, kami menegaskan agar dana dikembalikan dan tidak ada lagi pemotongan," ujar Agus Rifai, Kamis (06/12/2018).

Hal senada juga dikatakan Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kaliwungu Selatan Suharno, pihaknya sudah membuatkan surat pernyataan kesanggupan pengembalian. Selain itu untuk dana PIP juga harus diserahkan semua kepada siswa melalui orangtuanya.

"Saya minta mengisi surat pernyataan kesanggulan mengembalikan bukan hanya potongan namun seluruh dana sisa harus dilembalikan kepada siswa yang mendapat bantuan," ujar Suharno.

Kepala SDN 2 Magelung Sukini memastikan dana masih ada dan akan dikembalikan saat penerimaan raport semester ini. "Kami akan kembalikan saat rapat orang tua murid yang akan kami selenggarakan usai libur semester," jelas Sukini.

Seperti diberitakan sebelumnya SDN 2 Magelung telah memotong dana PIP sebesar Rp 50 ribu dari seharusnya Rp 450 ribu menjadi Rp 400 ribu. (Ung)