Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 20:51 WIB

7 Efek Buruk Rokok Pada Kulit Hingga Rambut, Hiii.. Serem

ROKOK terbukti tak baik untuk tubuh. Bukan hanya bagi si perokok, tapi paparan asap yang dihembuskan juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar. Lalu, apa sih efek buruk dari rokok?

Seperti dilansir dari Reader’s Digest, Kamis (6/12/2018), rokok bukan hanya menyebabkan penyakit yang berat, tetapi juga memengaruhi penampilan. Misalnya mulai dari gangguan penampilan pada dari mulai rambut, gigi, kulit. Berikut 7 efek buruk yang berpengaruh karena merokok.

1. Lingkar Hitam Mata

Salah satu efek samping yang paling cepat dan nyata adalah kurang tidur sehingga membuat lingkaran gelap di bawah mata muncul.

2. Gigi Kuning

Hal ini sudah bukan rahasia lagi. Nikotin dalam rokok sangat menodai gigi kuning, dan seiring waktu bahkan dapat mengubahnya menjadi coklat. Selain itu, tembakau dalam rokok dapat menyebabkan penyakit gusi dengan melemahkan jaringan lunak dan tulang gigi Anda. Jadi gigi Anda tidak hanya akan berubah warna menjadi kuning gelap, bahkan bisa jatuh seiring waktu.

3. Kulit Kusam

Salah satu cara merokok yang paling umum memengaruhi penampilan Anda adalah dengan membuat kulit kusam seperti tidak bersemangat. Merokok menghabiskan nutrisi termasuk vitamin C, yang berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi kulit yang rusak, nikotin menghalangi aliran darah, dan asap rokok dipenuhi karbon monoksida, yang menggantikan oksigen di kulit Anda.

4. Stretch Marks

Nikotin dalam rokok merusak jaringan ikat pinggang dan serat di kulit Anda, menyebabkan kulit yang lebih lemah dengan elastisitas buruk. Akibatnya, perokok lebih cenderung melihat bentuk garis perak di sepanjang pinggul dan paha mereka.

5. Rambut Tipis

Perokok cenderung memiliki rambut yang tipis dan lemah karena bahan kimia beracun dalam merokok pada DNA folikel rambut. Rokok juga menghasilkan radikal bebas yang merusak, yang tidak hanya membuat rambut tipis dan rapuh, tapi juga mengubahnya abu-abu. Dalam satu penelitian, pria yang merokok dua kali cenderung kehilangan rambut mereka sama sekali.

6. Penuaan

Nikotin dalam rokok melemahkan kulit, yang menghasilkan keriput dini di sejumlah daerah, termasuk dahi, mata, leher, dan dada. Para ahli memperingatkan bahwa merokok mempercepat penuaan bahwa perokok muda terlihat rata-rata dua tahun lebih tua dari mereka sebaliknya.

7. Bintik-bintik Penuaan

Merokok telah lama dikaitkan dengan perkembangan kanker kulit, namun penelitian juga menunjukkan bahwa perokok lebih cenderung membuat bintik-bintik penuaan terlihat.(*)