Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 20:10 WIB

Meski Mahal, Hobi Modifikasi Mobil Membanggakan

YOGYA, KRJOGJA.com - Setiap orang memiliki hobi berbeda-beda. Beberapa orang menyukai hobi unik, misalnya hobi memodifikasi mobil. Hobi ini terbilang hobi yang mahal, karena membutuhkan banyak modal untuk melakukannya. Walaupun demikian, hobi ini sekarang mulai banyak peminatnya. Orang-orang yang memiliki hobi sejenis biasanya akan membuat komunitas tersendiri untuk mengembangkan hobi mereka yang sama.

Seperti yang dilakukan Ronny Viryawan dengan mobil Avalambo White Jogja Avanza Community (JOVANCO) 001 kesayangannya. Bagi Ronny memodifikasi mobil menjadi hal yang sangat menyenangkan. Walaupun menyenangkan bukan berarti mudah untuk dilakukan. Untuk memodifikasi Toyota Avanza miliknya misalnya, ada beberapa bagian yang memang menjadi prioritas utama untuk modifikasi. 

Mulai dari mengganti bamper depan, penggunaan sistem hidrolik pada kap mesin dan pintu mobil, pemasangan sunroof hingga mengganti velg ban yang lebih 'garang' dia lakoni. Tak puas modifikasi luar, Ronny juga merubah audio atau sound agar terdengar makin menggelegar. 

“Yang jelas pertama harus siap konsep dan juga siap anggaran untuk mewujudkan konsep itu. Jangan sampai terjadi, konsepnya sudah kuat tapi belum siap anggarannya. Akan lebih baik jika dilakukan secara bertahap,” ujar Ronny.

Maka tak heran, dengan tampilan baru mobilnya Ronny kerap menjuarai beberapa kejuaraan modifikasi. Seperti King of Avanza Day, Best Display Auto Show, Best Interior dan Best Eksterior serta Vlog Competition dalam event Avanzanation 2018 di The Park Solo Baru dan Jogja City Mall yang didukung Nasmoco DIY - Jateng baru-baru ini. 

"Dengan torehan beragam gelar bergengsi ini membuat saya semakin mencintai dunia modifikasi mobil. Juga bisa mengajak komunitas saya untuk terus mempererat tali silaturahmi diantara kami sesuai dengan kesamaan hobi," pungkasnya. (M-29)