Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 23:30 WIB

Kembangkan Bakat Anak, Artos Mall Gelar Lomba Tari

MAGELANG, KRJOGJA.com - Artos Mall yang bekerjasama dengan Sanggar Tari Adya Gunita gelar lomba tari tradisional di Atrium Artos Mall. Public Relation Artos Mall Amalia Mahdhiani kepada KRJOGJA.com, Kamis (6/12/2018), mengatakan kegiatan ini dilaksanakan diantaranya untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat anak-anak di bidang seni tari dengan tepat sehingga kemampuan siswa dapat ditingkatkan. 

Selain melestarikan kebudayaan daerah dalam bidang seni tari, tujuan diadakan perlombaan tari tradisional ini tak lain untuk meningkatkan kompetensi siswa di tingkat TK dan sebagai tempat atau wadah penyaluran seni musik maupun tari.

Ada 134 peserta yang mengikuti kegiatan ini, yang terdiri dari siswa-siswa Taman Kanak–Kanak (TK) di Magelang. Ada 23 jenis tarian yang ditampilkan secara beregu dalam perlombaan. Tarian yang ditampilkan diantaranya Tari Rampak, Tari Yapong, Tari Gajah, Tari Kuda Lumping, Tari Kupu, Tari Ulo Ulonan, Tari Gegala, dan Tari Batok.

Amalia berharap tari tradisional seperti ini dapat terus dipertontonkan kepada umum, khususnya anak-anak dan remaja, agar dikemudian hari mereka dapat turut melestarikan budaya yang ada di Indonesia, khususnya tari tradisional, serta mampu melatih mental anak-anak untuk berani tampil di depan umum.

“Dengan adanya tari tradisional ini diharapkan akan muncul generasi yang memiliki talenta dan bakat yang bisa mewakili daerah sehingga dapat mengharumkan nama daerah serta mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional kedepannya,” kata Ketua Panitia Agung Tri Cahyo.(Tha)