Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 17:31 WIB

PBB Solo Raya Merapat ke Jokowi

SOLO, KRJOGJA.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) se-Solo Raya merapat ke pasangan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Dukungan yang dituangkan dalam deklarasi di Omah Sinten, Kamis (6/12/2018), akan pula diikuti DPC PBB di daerah lain di Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) PBB Jateng, Awod SH, menjawab wartawan usai deklarasi, Kamis (6/12/2018), mengungkapkan, dukungan terhadap pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin, secara struktural sementara ini memang baru dilakukan DPC PBB di kawasan Solo Raya. Sedangkan sikap serupa dari seluruh DPC PBB di wilayah Jateng, bari sebatas pembicaraan informal, dan diperkirakan secara resmi dideklarasikan dalam waktu dekat, sebelum Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) DPP PBB, di Jakarta Januari 2019 depan.

Sebagaimana tertuang dalam naskah deklarasi, jelas Awod, seluruh DPC PBB se-Solo Raya yang meliputi Sukoharjo, Sragen, Wonogiri, Klaten, Karanganyar, Boyolali, dan Kota Solo, mempercayakan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PBB, Yusril Ihza Mahendra untuk mengambil langkah strategis dalam menghadapi Pemilu 2019 depan. Jika dalam Rakornas Januari nanti, PBB bersikap mendukung pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin, kader di lapis bawah akan bekerja all out mengamankan kebijakan partai.

Sikap politik PBB dalam Pilpres 2019, tambah Ketua Tim Pemenangan Presiden DPP PBB, Sukmo Harsono, secara resmi memang akan diputuskan dalam Rakornas di Jakarta nanti. Tentu saja, keputusan tersebut akan mempertimbangkan aspirasi yang berkembang di arus bawah yang terwadahi dalam kepengurusan DPC PBB. Sejauh ini, secara struktural dukungan terhadap pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin telah dilakukan DPW PBB Jawa Timur (Jatim), lalu menyusul DPC PBB se Solo Raya yang kabarnya juga diikuti dengan daerah lain di Jateng. Sedangkan dari organisasi sayap, dukungan serupa berasal dari Relawan Milenial Pemuda Bulan Bintang Jawa Barat (Jabar), Jateng, dan Jatim.

Sejauh ini, pihaknya masih mengkoordinasikan dengan pengurus DPC PBB di seluruh Indonesia untuk menjaring aspirasi yang bakal digodog dalam Rakornas nanti. Seluruh aspirasi dari arus bawah, ujarnya akan diserahkan kepada Ketua Umum DPP PBB, Yusril Izha Mahendra, sekaligus menyerahkan sepenuhnya kebijakan yang akan diputus partai. "Apapun yang bakal diputuskan partai, akan dilaksanakan dengan sepenuh hati, termasuk dukungan terhadap pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin, tau mungkin juga calon pasangan lain," jelasnya.(Hut)