DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 02:10 WIB

Melalui Media Animasi, Pelestarian Tata Nilai Budaya Terus Dilakukan

YOGYA, KRJOGJA.com - Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta bekerjasama dengan The Joedo Center dan Jogjanimations menggelar workshop Pelestarian Tata Nilai Budaya Melalui Media Animasi yang diselenggarakan selama dua hari, pada tanggal 4 dan 5 Desember 2018 bertempat di H Boutique Hotel Yogyakarta, Sagan, Yogyakarta. 

“Animasi menjadi fenomena yang mengemuka dalam penyampaian pesan melalui teknologi digital yang digandrungi remaja generasi milenial. Untuk itu, kami harus menyiapkan sosialisasi pelestarian tata nilai budaya Yogyakarta melalui berbagai cara agar dapat dikenal dan dipahami oleh generasi milenial, dimana salah satu cara yang kami gunakan adalah melalui pengenalan dasar pembuatan animasi sebagai media yang lebih menarik dan efektif untuk dapat diterima,” papar Dra. Pratiwi Yuliani, Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya, Rabu (4/12/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat luas, lintas umur dan lintas profesi yang tertarik pada pembuatan animasi agar masyarakat Kota Yogyakarta lebih mengenal dan menggunakan animasi sebagai media penyampai pesan berkonten positif, dengan narasumber Hanitianto Joedo dari The Joedo Center yang juga menjadi pengajar di Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta dan pendiri Jogjanimations menjelaskan bahwa sejak tahun 2010 telah menjadi suatu komunitas animasi yang secara rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk membangun apresiasi masyarakat terhadap animasi dengan berbagai program seperti Animation Talks setiap bulan, Festival Animasi Animpiade setiap tahun, hingga mengadakan workshop animasi di sekolah dan kampus.

Kedepannya, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta akan menindaklanjuti workshop ini dengan berbagai kegiatan diantaranya kompetisi cerita dan desain tokoh animasi Yogyakarta hingga produksi film animasi pendek sebagai program sosialisasi Tata Nilai Budaya Yogyakarta.(Apw)