DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 00:30 WIB

Pemerintah Diminta Tegas Menertibkan Kandang Ayam di Parangtritis

BANTUL, KRJOGJA.com - Banyaknya kandang ayam berdiri di kawasan Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Parangtritis dan sekitar gumuk pasir dikeluhkan  wisatawan. Selain jadi sumber bau kurang  sedap, dari aspek estetika objek wisata juga tak pantas. Jangan sampai objek wisata gumuk pasir di kawasan Parangtritis terganggu dengan adanya bangunan liar itu. Sementara Pemerintah Desa (Pemdes) Parangtritis mengklaim tidak pernah dimintai izin dari pemilik kandang.

Salah satu pengunjung gumuk pasir Parangkusumo Parangtritis Latifa, Rabu (5/12/2018) mengungkapkan, sebenarnya untuk aturan pendirian kandang ayam dalam skala besar tidak tahu pasti. Tetapi  ketika  keberadaan bangunan berdekatan dengan area gumuk cukup mengganggu. Mahasiswi PTS di Yogyakarta ini berpendapat alangkah baiknya pendirian kandang ayam ditata atau ditempatkan dilokasi tertentu. Sehingga jika ada dampak kurang baik pada lingkungan tidak berimbas pada sektor wisata. “Wisata juga dikelola warga, dan saya yakin juga kandang ayam itu juga usaha dari warga sekitar. Oleh karena itu perlu dimusyawarahkan agar bisa jalan bersama,” ujarnya. 

Sementara Lurah Desa Parangtritis Kretek Bantul, Topo tidak menampik jika banyak bermunculan kandang ayam dalam skala besar di wilayahnya. Keberadaannya  berdiri diatas tanah milik pribadi, tetapi ada pula ditanah milik negara. Sejauh ini  mereka tidak pernah  izin atau memberitahukan ke desa  perihal pendirian kandang ayam itu. “Memang banyak kandang berdiri di jalur JJLS ada, dekat gumuk juga ada. Itu ada yang berdiri diatas tanah negara juga,” jelas Topo. 

Topo minta dari pemerintah daerah Bantul bisa menertibkan keberadaan kandang ayam tersebut. Paling tidak besok ketika JJLS sudah resmi dibuka untuk jalur kendaraan umum. “Besok jika jembatan penghubung di Opak sudah jadi, JJLS sudah berfungsi, dilarang juga tidak apa-apa. Tetapi kan sekarang JJLS  juga belum berfungsi,” ujarnya. Menurutnya pemerintah daerah harus berani tegas ketika JJLS sudah resmi dibuka.(Roy)