DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 05 Desember 2018 / 17:34 WIB

Satu Abad Muallimin-Muallimaat, Jokowi Bakal Lesehan Bareng Santri dan Tandatangani Perangko

YOGYA, KRJOGJA.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri resepsi Milad Satu Abad Muallimin Muallimaat Kamis (6/12/2018) besok. Beberapa agenda akan dilaksanakan di mana presiden akan lesehan bareng para santri dan menandatangani perangko peringatan 100 tahun sekolah terpadu ini. 

Wakil Direktur 2 Muallimin Muhammad Alfian Djafar dalam temu pers Rabu (4/12/2018) mengatakan hingga saat ini Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir langsung ke Muallimin. Menurut dia presiden datang tampa embel-embel kampanye dan ingin lebih  mendekatkan diri dengan santri. 

“Tidak ada unsur kampanye karena kami undang Pak Jokowi sebagai presiden bukan calon presiden. Besok seturut rencana akan dihadiri 3000-3500 orang dari keluarga besar kami termasuk alumni, Muhammadiyah, Aisyiyah dan mitra kami. Nanti seluruh tamu undangan akan lesehan tanpa kursi termasuk presiden,” ungkapnya. 

Secara khusus panitia juga akan meminta presiden menandatangani perangko khusus milad 1 abad Muallimin-Muallimaat yang sudah selesai didesain beberapa waktu lalu. “Pak presiden akan menandatangani perangko tersebut yang menjadi momentum spirit sekolah yang bisa bertahan hingga 100 tahun dan semoga bisa terus berkembang kedepan,” sambungnya. 

Selain bertatap muka secara langsung dengan presiden, undangan dan para santri nantinya juga bakal mendengarkan tauziah dari Buya Syafii Maarif yang juga salah satu alumni Muallimin. Sekolah terpadu Muallimin Muallimaat sendiri didirikan tahun 1918 oleh KH Ahmad Dahlan yang mana awalnya mengambil lokasi di dapur tokoh Muhammadiyah tersebut. 

Tahun 1932 barulah sekolah itu pindah ke Ketanggungan yang merupakan lokasi hingga saat ini. Meski didominasi bangunan baru namun ada bangunan yang dibangun pada awal tahun 1932 diantaranya asrama di salah satu bagian sekolah. (Fxh)