DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 05 Desember 2018 / 09:15 WIB

60% Jalan di Gunungkidul Belum Mantap

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Sebagian ruas jalan milik Kabupaten Gunungkidul dalam kondisi belum mantap. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) mendata ruas jalan kabupaten yang terus diperjuangkan agar lebih representatif mencapai 1.200 kilometer atau dalam persentasi mencapai 60 persen.

Sedangkan ruas jalan yang dalam kondisi mantap baik dari sisi konstruksi maupun fisik kategori representatif mencapai 720 kilometer atau 40 persen dari seluruh jalan yang ada. ”Dengan keterbatasan dana yang ada kami akan terus lakukan perbaikan agar seluruh ruas jalan di Gunungkidul dalam kondisi representatif,” kata Kepala Dinas PUPR Gunungkidul Ir Edy Praptono.

Sebenarnya hampir setiap tahun pemkab mengalokasikan anggaran untuk perbaikan jalan milik kabupaten kurang lebih mencapai Rp 80 miliar pertahun. Hanya saja, dari total alokasi belum bisa menyasar ke seluruh titik yang rusak maupun untuk peningkatan jalan, sehingga prosesnya dilakukan secara bertahap dan tetap disesuaikan dengan skala prioritas.

Selain untuk peningkatan jalan, anggaran yang ada juga dipergunakan untuk perbaikan dan salah satu jalan prioritas yang dilakukan perbaikan di jalur menuju kawasan wisata. ”Program 2019, pemkab sudah mengalokasikan anggaran untuk jalan dari Kemadang-Pantai Sepanjang dan melanjutkan pembangunan jalur KepekPantai Ngrenehan di Kecamatan Saptosari,” imbuhnya.

Anggaran untuk program perbaikan maupun peningkatan jalan ini dengan menggunakan anggaran APBD dan dana dari pusat yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) dan untuk penggunaan DAK ini khusus untuk melaksanakan pembangunan yang harus selesai dalam satu ruas. Terkait dengan masih banyaknya ruas jalan milik kabupaten yang belum dalam kondisi mantap pihaknya akan terus berupaya agar seluruh ruas jalan milik kabupaten dapat tertangani dan dapat menjadi jalan yang benar-benar memenuhi standar representatif.

Anggota Komisi C DPRD Gunungkidul Anton Supriyadi mengatakan, masalah infrastruktur di Gunungkidul harus diperhatikan. Salah satunya mengenai jalan karena berdasarkan data yang ada masih banyak yang rusak.

Proses perbaikan harus dilakukan, meski secara bertahap dan harapannya seluruh ruas jalan yang ada dapat dimanfaatkan untuk fasilitas transportasi untuk kelancaran ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. (Bmp)