DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 04 Desember 2018 / 11:38 WIB

Alim Markus Bagi Pengalaman di Depan Mahasiswa UGM

SLEMAN, KRJOGJA.com - Presiden Direktur (Presdir) Maspion Group Alim Markus tampil sebagai pembicara utama dalam acara Executive Lecture Series bertajuk ‘Kepemimpinan dan Inovasi di Era Disrupsi’ di UC UGM Selasa (04/12/2018). Di depan para mahasiswa Magister dan Doktor Studi Kebijakan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Alim menyampaikan pengalaman berharga perjalanan 53 tahun menggeluti dunia bisnis hingga menjadi pengusaha besar saat ini.

Alim mengungkap yang paling utama dimiliki seorang pengusaha adalah memegang kepercayaan orang lain. Hal tersebut menurut dia sangat penting untuk membangun jaringan yang bisa berjalan dari waktu kedepan.

“Saya 53 tahun perjalanan berbisnis tak pernah luput janji. Ketika saya janji maka saya bayar janji saya. Satu lagi yang juga penting, saya tak pernah menyakiti atau menghalangi rejeki wong liyo,” ungkap Alim.

Alim yang terjun di dunia usaha sejak usia 15 tahun karena diminta oleh sang ayah tersebut juga mengingatkan anak-anak muda saat ini untuk menjadi pribadi yang kuat. Arus informasi deras yang mengalir di era industri 4.0 ini harus mampu disikapi dengan positif.

“Misalnya, saya tanamkan pada anak-anak saya kalau mereka jatuh di jalan maka saya minta mereka bangun sendiri dan jalan lagi. Tapi kalau jatuh ke jurang saya akan terbang untuk mengangkat mereka. Ini saya lakukan untuk membentuk mental mereka, jatuh di jalan ya berdiri sendiri jalan lagi jangan mudah menyerah,” tandasnya.

Maspion Group sendiri saat ini memiliki aset dengan nilai kurang lebih 2 Miliar USD yang juga menjadikan Ali Markus salah satu orang terkaya di Indonesia. Alim pun menyampaikan harapan kedepan untuk mengajak 1 juta orang Indonesia untuk menjadi pengusaha kecil.

Melalui Maspion Bank yang beberapa waktu dibentuk dengan tabungan Dahsyat, Alim pun menyampaikan mimpinya untuk menggandeng orang Indonesia menjadi pengusaha UMKM yang naik kelas. “Saya ingin ajak anak-anak Indonesia menjadi sub distributor Maspion Group yang barangnya sekarang sudah ada 10 ribu items. Anak putus sekolah, pensiunan atau siapapun bisa ikut serta, termasuk di Yogyakarta. Harapan saya nanti UMKM bisa naik kelas hingga jadi pengusaha besar,” pungkasnya. (Fxh)