DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 01 Desember 2018 / 20:25 WIB

Mendagri Larang ASN Ikut Reuni 212

YOGYA, KRJOGJA.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melarang Aparat Sipil Negara (ASN) ikut reuni 212 yang seturut rencana digelar Minggu (2/12/2018) besok. Tjahjo menilai, agenda tersebut rentan bermuatan politik yang nantinya membuat ASN dinilai banyak pihak tak netral sesuai peraturan undang-undang.

Kepada wartawan usai menghadiri kaderisasi organisasi masyarakat Raja Tikam Sabtu (1/12/2018) Tjahjo mengatakan reuni aksi 212 rentan dimasuki muatan politik dari kepentingan tertentu. Oleh karena itu, ia melarang ASN di lingkungan Kemendagri untuk ikut dalam aksi yang akan digelar di kawasan Monas tersebut.

“Mending tidak usah, ya saya larang (ASN di lingkungan Kemendagri). Karena nanti takutnya dinilai ASN tidak netral, karena kegiatan itu ya kalau tiba-tiba bisa berubah seperti kampanye,” ungkapnya.

Meski begitu, Tjahjo menilai tidak ada sanksi yang akan diberikan pada ASN yang ingin ikut dalam agenda sholat subuh berjamaah di kawasan Monas. “Hanya saja ini kan di bulan-bulan kampanye, di hari kampanye jadi mending tidak usah ikut. Kalau mau doa ya doa saja di masjid atau di rumah bersama-sama,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengungkap bahwa agenda reuni di Monas tidak bermuatan unsur politik. Namun begitu, ia tak bisa melaran apabila ada tokoh politik datang mengingat acara tersebut terbuka untuk umum. (Fxh)

Mendagri Tjahjo Kumolo (Harminanto)