DIY Editor : Agus Sigit Sabtu, 01 Desember 2018 / 19:45 WIB

Mendagri Tepis Isu Intervensi Kasus Eks Ketua Pemuda Muhammadiyah

YOGYA, KRJOGJA.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menepis adanya isu intervensi pemerintah dalam kasus dugaan penyalahgunaan dana oleh Pemuda Muhammadiyah yang menyeret nama mantan ketua umum Pemuda Muhammadiyah yanh juga juru koordinator juru bicara Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Kepada wartawan Tjahjo mengatakan bahwa pemerintah tak melakukan intervensi terkait kasus yang terjadi di tubuh ormas Muhammadiyah tersebut. Menurut dia, pemerintah tak berhak ikut campur urusan yang terkait dengan hukum.

“Itu tidak ada, tidak ada satupun pemerintah campur tangan. Itu kan urusan internal,” ungkap Tjahjo ketika ditemui wartawan di Kantor Pusat Pengembangan SDM Kemendagri Yogyakarta Sabtu (1/12/2018).

Pun begitu terkait kasus Dahnil Anzar Simanjuntak, Tjahjo menegaskan bahwa pemerintah tak bisa ikut campur ketika anggota ormas atau partai yang sudah berhadapan dengan hukum. “Soal ada anggota ormas atau partai entah itu tengah menghadapi kejaksaan, kepolisian atau KPK itu kita tidak berani lho,” sambungnya.

Tjahjo pun meminta pihak-pihak terkait untuk tidak cepat mengarahkan kesalahan pada pemerintah mengingat saat ini era keterbukaan di mana masyarakat bisa menyaksikan sendiri apa yang sebenarnya terjadi. “Jadi jangan terus menyalahkan karena pemerintah fair terbuka semuanya bisa dilihat media, juga oleh masyarakat,” pungkasnya.

Beberapa waktu lalu Dahnil Anzar sempat menyampaikan statement terkait dugaan intervensi pemerintah dalam kasus kemah Kemenpora yang menyangkutkan namanya. Dahnil sendiri sempat diperiksa Polda Metro Jaya sebagai saksi bersama ketua kemah dari Pemuda Muhammadiyah Ahmad Fanani. (Fxh)