DIY Editor : Agus Sigit Jumat, 30 November 2018 / 20:44 WIB

#Akupeduli, Menumbuhkan Kepedulian HIV/AIDS Lewat Seni

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebuah acara bertajuk #Akupeduli “Tahu Status Lebih Baik” digelar untuk membangun kepedulian masyarakat terhadap penyakit dan penderita AIDS. Menurut data, tahun 2018 terjadi peningkatan penderita HIV (Human Imminodeficiency Virus) di DI Yogyakarta. Sebanyak 315 penderita baru dan 39 di antaranya bahkan sudah masuk ke tahap AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrom). 

Adalah Tika Destiratri Setiawan (24), Lydya Indah Mentari (25), dan Abiminovi Samudera (23) berinisiatif untuk membuat acara dalam tujuan meningkatkan kepedulian terhadap HIV/AIDS yang semakin marak.

Kagiatan tersebut diadakan di White Paal Resto juga didukung oleh Yayasan Jogja Berdaya digelar mulai tanggal 26 November-1 Desember 2018. Menggandeng komunitas FAGEL yang berasal dari ISI juga dilakukan live mural, sketch charity,  dan pameran lukisan bertemakan keresahan. 

Selain kegiatan yang dilakukan oleh FAGEL, juga terdapat rangkaian acara lain seperti konser amal, musik amal, workshop bisnis untuk Ohidha, Odha serta waria. Selain itu mereka pun dapat mendonasikan uang mereka yang 100% uang tersebut akan disalurkan ke Yayasan “Kabaya” dan Victory Plus yang aktif dalam bidang kesehatan HIV/AIDS.

Tika mengatakan bahwa ia sangat senang mengadakan acara ini sebab selain membuat langkah awal merangkul odha dan ohidha di masyarakat, ternyata tidak sedikit orang yang antusias, “Ia saya senang karena banyak teman yang bantu juga”. Tika dan Novi berharap pada penutupan acara  #Akupeduli “Tahu Status Lebih Baik” tanggal 1 Desember nanti akan semakin banyak pengunjung yang datang.

Tulisan: Azizah Liyana Saffa