DIY Editor : Ivan Aditya Jumat, 30 November 2018 / 16:32 WIB

Film Mata Tertutup Diputar di JAFF 2018

YOGYA, KRJOGJA.com - Film Mata tertutup besutan sutradara Garin Nugroho diputar di Jogja Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 di Empire Xxi Yogyakarta, Kamis (29/11 /2018). Film ini mengisahkan tentang 3 kehidupan remaja yang terjebak dalam kelompok yang memiliki paham radikal. Film bermaksud sebagai propaganda anti kekerasan dan anti paham radikal.

Yang menarik dalam film ini yaitu menggunakan para pemain yang baru bermain dan terjun di film layar lebar. Selain itu dalam pembuatan film ini tanpa ada skrip, sehingga para pemain mencari data sendiri untuk dijadikan skrip.

“Saya sebetulnya baru pertama kali main film layar lebar di film Mata Tertutup ini dan tidak punya basic sama sekali main film karena latar belakang saya dari teater. Ditambah lagi pada pembuatan film ini tanpa ada skrip jadi aku harus cari sendiri refensi dan data buat dijadikan skrip sisanya aku dikasih arahan oleh mas Garin, “ ujar Eka Nusa Pertiwi yang bermain sebagai Rima di film Mata Tertutup.

Menurut Kedung Darma Romansha yang berperan sebagai ustadz Juki di film ini, dengan tanpa adanya skrip menjadi sesuatu yang positif karena bisa memainkan peran dengan total tanpa ada beban dengan skrip dan skenario.

“Tanpa adanya skrip kita jadi maksimal dan total dalam memerankan nya, dan kita dituntut menjadi cerdas. soalnya kita mesti cari sendiri bahan dan referensi nya yang nantinya dijadikan bahan buat skrip sehingga ketika shooting seperti kita mempersentasikan bahan yang sudah disiapkan sebelumnya, “ tuturnya. (Riski Oktavian)