Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Rabu, 28 November 2018 / 13:31 WIB

Menristekdikti Resmikan Laboratorium Teknik Elektro, UI-ITB-UGM Terhubung

SLEMAN, KRJOGJA.com - Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir Rabu (28/11/2018) meresmikan Honeywell Connected Laboratory yang ada di Fakultas Teknik UGM. Laboratorium berbasis teknologi 4.0 ini secara langsung mengkoneksikan tiga kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). 

Menristekdikti mengungkap laboratorium tersebut bisa dimanfaatkan maksimal oleh mahasiswa yang saat ini dituntut berinovasi agar bisa terkoneksi masuk dunia kerja. Nasir mengatakan kematian universitas di era industri 4.0 merupakan ancaman nyata yang akan datang apabila tidak adanya inovasi datang dari dunia akademis. 

“Ini harus dimanfaatkan agar kematian perguruan tinggi di era industri 4.0 tidak terjadi. Adanya laboratorium di UGM bisa jadi salah satu penghubung antara akademisi dengan dunia kerja, bagaimana cara eksisnya ya dengan menghasilkan inovasi riset berkualitas,” ungkapnya. 

Nasir menyampaikan bahwa di Singapura, riset-riset yang dihasilkan akademisi sebagian besar bersumber dari industri swasta yang mana secara tidak langsung memperlihatkan tidak adanya gap antara perguruan tinggi dan industri. 

“Di Indonesia masih 84 persen dibiayai pemerintah dan kami cukup terimakasih dengan Honeywell yang ikut berkontribusi menjembatani gap tersebut. Harapan kami muncul riset-riset berkualitas dari laboratorium terkoneksi tiga kampus ini,” ungkapnya lagi. 

Sementara Dekan Fakultas Teknik UGM Prof Nizam mengungkap ada beberapa hal yang bisa dilakukan mahasiswa di laboratorium teknik elektro tersebut. “Ada simulasi kerja melalui VR, 3D printing juga. Tiga kampus yakni ITB, UI dan UGM bisa saling belajar dari dua kampus lainnya yang punya keunggulan berbeda, misalnya ITB dengan teknik penyulingannya, bisa saling melengkapi,” tandasnya. (Fxh)