Jateng Editor : Agus Sigit Sabtu, 24 November 2018 / 11:11 WIB

Upayakan UMKM Naik Kelas

Pemkot Semarang Gandeng Gojek dan Blibli.com

SEMARANG, KRJogja.Com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengandeng PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), dan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, Blibli.com untuk terus memacu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar 'naik kelas'. 

Hal tersebut diwujudkan dengan dilaksanakannya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Semarang, Dewan Kerajinan Nasinal Daerah (Dekranasda) Kota Semarang, Gojek dan Blibli.com di Gedung Lokakrida Lantai 8 Balai Kota Semarang, Jumat (23/11/2018) sore.

Penandatanganan dilakukan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Ketua Dewan Kerajinan Nasinal Daerah (Dekranasda), Krisseptiana, VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek, Damar Juniarto, dan SVP Merchant Sales, Operation,and Development Blibli.com, Geoffrey Lew Dermawan.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, dengan bantuan Gojek dan Blibli.com sebagai operator yang sukses di Indonesia akan banyak hal positif untuk pelaku UMKM di Kota Semarang. Kedua operator tersebut, nantinya akan membantu pemasaran berbagai produk UMKM di Kota Semarang agar makin dikenal luas.

"Hari ini ada Gojek dan Blibli.com, kita tarik  untuk kerjasama dengan UMKM di Kota Semarang. Sekarang tinggal UMKM di Semarang memanfaatkan peluang ini dengan berproduksi yang baik, kualitas ok, serta harga kompetitif, nanti dibantu para operator aplikasi ini insyaallah sukses dan naik kelas," ujar Hendi sapaan akrab Hendrar Prihadi.

VP Regional Public Policy and Government Relations Gojek, Damar Juniarto mengemukakan, Gojek menyambut baik kolaborasi ini dan berharap dapat mengakselerasi UMKM dan pariwisata di Kota Semarang agar terus lebih baik lagi.

"Kami berharap kerjasama ini ke depan akan semakin menambah nilai baik yang dirasakan semua orang. Kami juga berharap ke para pelaku UMKM yang datang pada kegiatan ini agar bisa terus berkesinambungan. Ini harus lanjut kerena sayang kalau tidak," tandasnya. 

Sementara  SVP Merchant Sales, Operation and Development Blibli.com, Geoffrey Lew Dermawan menambahkan, Kota Semarang memiliki banyak UMKM yang dapat dikembangkan dan saat ini kesempatan untuk memajukan UMKM sudah terbuka luas seperti pemasaran melalui online. Kesempatan ini, lanjutnya harus segera diikuti agar tidak ketinggalan.

"Para pelaku UMKM harus bisa meraih kesempatan ini, karena akan ketinggalan kalau tidak diikuti," jelasnya.

Pada kesempatan ini, Gojek dan Blibli.com juga menyelenggarakan pelatihan UMKM untuk 200 pelaku UMKM yang merupakan binaan dari Pemkot Semarang dengan tema "UMKM Semarang Goes Online". (Cha)